Anak Pesantren Jadi Anggota Polisi, Komjen Listyo: Kalau Ada yang Berminat Kami Siap

Anak Pesantren Jadi Anggota Polisi, Komjen Listyo: Kalau Ada yang Berminat Kami Siap Kredit Foto: Dok. DPR RI

Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa Polri bakal memberi tempat bagi santri lulusan pesantren yang ingin menjadi anggota kepolisian. Hal itu ia sampaikan dalam uji kepatutan dan kelayan (fit and proper tes) calon Kapolri.

"Kalau memang dari madrasah, aliyah, kalau memang ada yang berminat jadi polisi pak, nanti biar nanti anggota kita datang tengok pak," kata Listyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1).

Baca Juga: Demokrat Pertanyakan Soal Polri Belum Dukung KPK, Komjen Listyo Tegas Bilang Ini...

Listyo mengatakan Polri siap menampung lulusan pesantren yang berminat menjadi anggota polisi yang dinilai memiliki kemampuan mengaji yang baik dan hafal quran.  Selain itu Polri juga terbuka terhadap lulusan pesantren yang bisa memberikan edukasi dan teladan memimpin di masyarakat, 

"Kalau tempat lain enggak bisa kami dari Polri siap pak mencari yang seperti itu," ujarnya.

Sebelumnya anggota Komisi III Fraksi Cucun Ahmad Syamsuirjal menyoroti adanya kabar yang menyebut bahwa lulusan pesantren dilarang masuk perguruan tinggi. Ia berharap agar ke  depan kepolisian tidak mengeluarkan pernyataan serupa.

"Jangan ada pak nanti statemen-statemen semacam ini di jajaran Polri karena ini melukai dan bisa membuat gejolak di masyarakat saya mewakili komponen dari madrasah pak, saya anak madrasah," ucapnya. 

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini