Dengar Baik-baik Ya! Listyo Sigit Janji Patuhi Rekomendasi Komnas HAM Soal Penembakan FPI!

Dengar Baik-baik Ya! Listyo Sigit Janji Patuhi Rekomendasi Komnas HAM Soal Penembakan FPI! Kredit Foto: Viva

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Achmad Dimyati Natakusumah pada saat fit and proper test calon Kapolri (cakapolri) Komjen Listyo Sigit Prabowo mempertanyakan sikap Polri terkait kasus penembakan KM 50 Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan enam anggota laskar FPI.

“Adanya kejadian extrajudicial killing di KM 50 pada Desember 2020. Kami sebagai salah satu anggota Komisi III yang jadi mitra Polri banyak sekali dimintai penjelasan oleh masyarakat soal isu-isu demikian,” kata Dimyati di gedung DPR di Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Dimyati menambahkan, pertanyaan masyarakat juga mengenai mengapa penanganan demonstrasi begitu represif oleh aparat kepolisian. Selain itu kenapa ada pelanggaran protokol kesehatan yang begitu dibuntuti hingga akhirnya enam nyawa anggota FPI melayang.

Baca Juga: DPR Ingatkan Listyo Sigit Prabowo: Visi Polri Bukan Banyak-banyakan Tersangka

“Kami mengalami kesulitan memberikan penjelasan kepada masyarakat," ujarnya.

Menanggapi pernyataan itu, Kabareskrim Komjen Listyo memastikan akan menindaklanjuti hal itu. Kata dia akan ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi Komnas HAM.

“Kami dalam posisi sikap mematuhi dan menindaklanjuti rekomendasi dari Komnas HAM. Tentunya kita akan ikuti," kata Komjen Listyo.

Sementara terkait protokol kesehatan, ia memastikan polisi akan tegas karena hal ini terkait dengan keselamatan masyarakat luas. 

"Protokol kesehatan itu harus tetap kita tegakkan karena keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi, bagaimana supaya masyarakat tetap bisa kita jaga,” kata dia lagi.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini