HNW Kritisi Mensos Risma, Warganet Terpecah: Kan Sekadar Tauladan...

HNW Kritisi Mensos Risma, Warganet Terpecah: Kan Sekadar Tauladan... Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid mengkritisi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang biasa disapa Risma. Adapun yang dikritik Hidayat adalah pernyataan Risma di media online yang menduga Gunung Semeru erupsi akibat dampak pemanasan global atau global warming.

Hidayat juga mengkritik Risma yang bantu membungkus nasi untuk korban banjir saat berkunjung ke Jember, Jawa Timur. Melalui akun Twitternya, Hidayat menyatakan bukan tugas Mensos membicarakan tentang penyebab erupsi Semeru dan ikut membungkus nasi untuk korban banjir.

Baca Juga: Saat Menteri Risma Mau Repot-repot Siapkan Nasi Bungkus untuk Pengungsi Banjir

Menurut politikus PKS ini, Mensos seharusnya membuat kebijakan-kebijakan yang solutif dan visioner untuk mengatasi bencana alam yang semakin banyak. Salah satunya adalah dengan memperbaiki data terkait bantuan sosial (bansos) agar masyarakat benar-benar terbantu.

"Bukan tugas Mensos mewacanakan soal sebab erupsi Semeru, atau ikut membungkus nasi untuk korban banjir. Tapi karena bencana alam makin banyak dan luas, segeralah buat kebijakan-kebijakan solutif dan visioner, perbaiki data-data unt bansos dan lain-lain agar rakyat benar-benar terbantu dan Mensos bisa husnul khatimah sebagai menteri," cuit Hidayat melalui akun Twitternya, @hnurwahid, Rabu (20/1/2021).

Cuitan Hidayat Nur Wahid ditanggapi banyak pengguna media sosial Twitter. Pro-kontra pun terjadi di kolom komentar cuitan Hidayat. Pemilik akun @KangAsepr mengkritik pernyataan Hidayat. Menurut dia, membantu membungkus dan beropini tentang bencana bukan berarti melalaikan tugas dan kewajiban utama Mensos.

"Membantu bungkusi nasi atau beropini tentang penyebab bencana, tidak berarti melalaikan tugas dan kewajibannya yang utama. Seperti, apakah tugasmu itu nyinyirin pemerintah? Tidak kan? Lalu kenapa selalu nyinyir? Ataukah memang nyinyir itu bagian dari tugasmu?" cuitnya.

Lain lagi dengan pemilik akun @mahendraright. "Itu kalau mensosnya malah bungkusin nasi, terus siapa yang kasih komando penanganan bantuan sosial untuk seluruh rakyat NKRI? Mbok ya biarkan itu diurus tenaga di bawah, fokus saja urusan-urusan yang lebih penting dan berdampak besar untuk rakyat banyak. Kalau bungkus nasi kan dampaknya hanya di situ," cuitnya.

Pemilik akun @ZamrojiNts membela Risma. Menurut dia, Risma memberikan teladan kepada masyarakat untuk membantu korban bencana.

"Itu kan sekadar memberikan tauladan Pak..beliau mengajak masyarakat lain untuk ikut serta berpartisipasi membantu korban bencana alam melalui kegiatan membungkus nasi. Jadi berpikir positif lah Pak..enggak perlu didramatisir seolah-olah perbuatan Bu Risma melenceng," tulisnya.

Sebaliknya, kritik disampaikan pemilik akun @Jiwanggapraja kepada Risma. "Setuju Pak, tugas menteri itu dibagian perencanaan, bikin peraturan yang jelas dan program kerja yang konkret. Hal-hal yang jadi 'jatahnya' anak buah janganlah dikerjain sendiri, bu menteri bikin gimana caranya bantuan sampai ke masyarakat tanpa dikorupsi. Stop pencitraannya ya bu, kami bosan," tulisnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini