Legislator Gerindra Usul Pasien Covid-19 dari Luar Jakarta Dikembalikan Saja

Legislator Gerindra Usul Pasien Covid-19 dari Luar Jakarta Dikembalikan Saja Kredit Foto: WE

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Iman Satria mengusulkan pasien COVID-19 dari luar ibu kota yang dirawat di Jakarta dikembalikan ke daerah asalnya mengingat kapasitas rumah sakit untuk pasien terinfeksi virus tersebut tersisa 13 persen.

"Kalau bisa, dikembalikan ke daerah asal dengan bantuan koordinasi," kata Iman saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Meski demikian, Iman mengingatkan hal itu harus dilakukan dengan berbagai kriteria yang ditetapkan, termasuk adanya jaminan dari dokter bahwa pasien tersebut tidak akan parah dalam perjalanannya ketika dibawa ke rumah sakit (RS) rujukan di daerahnya.

Baca Juga: Waspada Guys, 108 Kota/Kabupaten Ini Berstatus Zona Merah Covid-19

Pengembalian itu karena saat ini 30 persen keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di Jakarta merupakan warga yang berasal dari luar DKI Jakarta. Kebanyakan berasal dari Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Namun Iman mengingatkan pengembalian pasien COVID-19 ke daerah asal bukan berarti mengembalikan kemudian menelantarkan mereka di daerah asal pasien COVID-19.

Saat fasilitas kesehatan (faskes) di Jakarta hampir penuh, kata Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta itu, pengembalian pasien bisa dilakukan namun harus dengan koordinasi apakah RS COVID-19 di daerah asal pasien masih tersedia untuk dilakukan perawatan atau tidak.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini