Gak Kayak Amerika, Negara Ini Beri Lampu Hijau Buat Teknologi 5G Huawei

Gak Kayak Amerika, Negara Ini Beri Lampu Hijau Buat Teknologi 5G Huawei Kredit Foto: The Verge

Pemerintah Brasil tak mengikuti jejak Amerika yang memboikot Huawei dari pengembangan jaringan 5G nasional. Apa alasannya?

Mengutip media lokal Estado de S. Paulo dari Reuters, Selasa (19/1/2021), Brasil tak akan melarang Huawei mengikuti lelang jaringan 5G pada Juni 2021.

Sebab, butuh biaya miliaran dolar jika Brasil memboikot vendor; apalagi Donald Trump akan pensiun. "Itu memaksa Presiden Jair Bolsonaro membuka pintu bagi Huawei untuk menyediakan jaringan seluler generasi berikutnya bagi operator Brasil," begitulah bunyi laporan media lokal itu.

Baca Juga: Soal Drone China di Amerika, Begini Titah Donald Trump di Penghujung Jabatan

Baca Juga: Sudah Mau Lengser, Donald Trump Masih Saja Tekan Huawei

Sama seperti Trump, Bolsonaro menentang Huawei dan menuduhnya berbagi data rahasia dengan pemerintah China. Ia juga tak bisa membuktikan kebenaran tuduhan tersebut.

Namun, China merupakan mitra dagang terbesar Brasil; Huawei pun bisa bersaing dari segi harga. Karena itulah, "Bolsonaro menghadapi penolakan dari industri telekomunikasi dan pemerintahannya, termasuk Wakil Presiden Hamilton Mourao."

Mourao sempat mengatakan, seluruh perusahaan yang memberi jaminan perlindungan data dan menghormati kedaulatan nasional Brasil, boleh mengikuti lelang 5G di sana.

Bulan lalu, Reuters melaporkan, Bolsonaro tengah mencari cara resmi guna menendang Huawei dari jaringan 5G Brasil.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini