Junaedi Salat, Aktor Pentolan yang Usai Pensiun Jadi Pendeta

Junaedi Salat, Aktor Pentolan yang Usai Pensiun Jadi Pendeta Kredit Foto: Diaspora TV (Youtube)

Aktor senior, Junaedi Salat meninggal dunia pada hari ini, Senin 18 Januari 2021. Aktor yang dikenal lewat perannya di film Ali Topan Anak Jalanan itu, menghembuskan napas terakhir di RS PGI Cikini, Jakarta.

Kabar duka tersebut pertama kali diketahui melalui pesan yang disebarkan oleh kerabat Junaedi Salat, Mulyo P.

"Telah dipanggil kembali ke rumah Bapa sorgawi : Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan.2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini," demikian isi pesan tersebut. 

Dihimpun dari berbagai sumber, Junaedi Salat lahir di Lampung pada 1950. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Junaedi pindah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan hingga tamat SMA. 

Kariernya sebagai aktor diawali saat dia bekerja di Taman Ismail Marzuki sebagai pengurus gedung, sambil bersekolah. Dia kemudian mendapat tawaran untuk bermain film dan langsung mendapat peran utama di film Aku Tak Berdosa di tahun 1972, bersama aktris Dewi Puspa. 

Dua tahun berselang, tepatnya pada 1974, Junaedi beradu akting dengan aktris Yenny Rahman, untuk membintangi film kedua, berjudul Susana. 

Namun, di antara beberapa judul film, salah satu yang sangat populer dan mendulang sukses besar adalah saat Junaedi Salat membintangi film Ali Topan Anak Jalanan di tahun 1977, bersama Yati Octavia. 

Selain menjadi aktor, Junaedi Salat juga ikut menulis lirik lagu Sabda Alam bersama almarhum Yockie Suryoprayogo dan lagu tersebut dinyanyikan oleh almarhum Chrisye.

Sepanjang hidupnya, seniman sekaligus aktor tersebut sukses menelurkan beberapa album musik, di antaranya, Burung Camar, Joni Teler, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra Gilang Indonesia Gemilang, album Chrisye Percik Pesona, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan beberapa judul film yang pernah dibintangi, antara lain Pacar Pilihan (1975), Puber (1978), Mencari Cinta (1979), Colak Colek (1979), Gita Cinta dari SMA (1979), Remaja di Lampu Merah (1979), Gadis Kampus (1979), Di Ujung Malam (1979), dan masih banyak lagi.

Setelah meninggalkan dunia hiburan, Junaedi Salat diketahui menghabiskan sisa hidupnya sebagai seorang pendeta. Selamat jalan Junaedi Salat.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini