Ikuti Agenda Internasional, Sepakbola dan 2 Cabor Ini Terima Jatah Tambahan Vaksin Covid-19

Ikuti Agenda Internasional, Sepakbola dan 2 Cabor Ini Terima Jatah Tambahan Vaksin Covid-19 Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menambah jatah penerima vaksin Covid-19 yang semula hanya dialokasikan untuk 17 cabang olahraga (cabor). Salah satu penerima jatah tambahan adalah dari cabor sepakbola.

Sebelumnya, Kemenpora hanya mendaftarkan 17 cabor untuk mendapatkan jatah vaksin Covid dalam daftar prioritas dari sektor olahraga. Namun, Kemenpora menambah tiga cabor lagi untuk masuk dalam daftar prioritas penerima vaksin Covid-19.

Baca Juga: 17 Cabor Ini Diusulkan Kemenpora Dapat Prioritas Vaksin Covid-19

Ada pun 17 cabor yang semula diprioritaskan adalah angkat besi (PABSI), Tenis (PELTI), Catur (PERCASI), Pencak Silat (IPSI), Senam (PERSANI), karate (FORKI), panahan (PERPANI), taekwondo (TI), Renang (PRSI), bulutangkis (PBSI), Voli (PBVSI), Boling (PBI), selancar ombak (PSOI), wushu (PBWI), menembak (PERBAKIN), dayung (PODSI) dan judo (PJSI).

Sementara untuk tambahan tiga cabor yakni sepakbola (PSSI), basket (PERBASI), dan atletik (PASI). Kemenpora mempertimbangkan untuk menambah daftar penerima vaksin dari sektor olahraga karena memiliki agenda internasional.

Termasuk sepakbola yang memiliki event internasional pada tahun ini, dengan salah satunya SEA Games 2021. Sebanyak 178 vaksin akan diberikan kepada Tim Nasional (Timnas) Indonesia mulai dari U-16 hingga senior.

Ada pun alokasi tersebut akan tersebar untuk para pemain, pelatih, dan staf Timnas Indonesia U-16 hingga senior. Timnas Indonesia U-16 akan mendapat 43 jatah vaksin terdiri dari 30 pemain, empat pelatih, dan sembilan staf.

Timnas Indonesia U-19 akan mendapat 50 jatah vaksin yang terdiri dari 27 pemain, lima pelaith, dan 18 staf. Timnas Indonesia U-23 akan memiliki 46 jatah vaksin yang terdiri dari 36 pemain dan 10 staf. Sedangkan Timnas senior mendapat 39 jatah vaksin untuk 29 pemain dan 10 staf.

“Kami sudah fasilitasi (untuk sepakbola mendapat jatah vaksin). Tinggal menunggu dari Kemenkes bareng dengan cabor-cabor lain,” ucap Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto saat dihubungi Okezone, Senin (18/1/2021).

“Ya karena sepakbola akan ada event internasional yang akan diadakan pada 2021 ini, diantaranya seperti SEA Games 2021,” lanjut Gatot.

Sebelumnya, PSSI langsung merespons keputusan Kemnepora terkait daftar prioritas penerima jatah vaksin yang hanya dibagikan untuk 17 cabor. PSSI langsung bersurat kepada Kemenkes dengan tembusan Kemenpora.

Ada pun jatah vaksin yang diminta PSSI mulai dari skuad Timnas hingga kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Akan tetapi, Kemenpora hanya mencoba memfasilitasi untuk skuad Timnas Indonesia yang berlaga di event internasional.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini