Kisah Orang Terkaya: Zhang Yong, Miliarder China yang Justru Jadi Orang Terkaya Singapura

Kisah Orang Terkaya: Zhang Yong, Miliarder China yang Justru Jadi Orang Terkaya Singapura Kredit Foto: Twitter/Forbes

Salah satu orang terkaya di dunia berasal dari Singapura. Ialah Zhang Yong sang maestro restoran Haidilao International Holding Ltd. yang terkenal lewat rantai restoran hot pot HaiDiLao. Menurut laporan hingga akhir 2018, Haidilao Hot Pot memiliki 466 toko yang beroperasi lebih dari seratus kota.

Berdasarkan catatan Forbes Real Time Net Worth, berkat rantai restoran milik Zhang, hartanya kini mencapai USD23,8 miliar atau setara dengan Rp335 triliun.

Zhang Yong merupakan kelahiran tahun 1974 yang lahir miskin di pedesaan China. Saat mulai merintis HaiDiLao, ia meminjam uang dari tiga temannya dan berhenti dari pekerjaan pabrik yang hanya membayarnya USD14 sebulan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: James Ratcliffe, Miliarder Petrokimia dari Inggris

Ia pun memboyong keluarganya keluar dari China dan tinggal di Singapura. Pada tahun 2018, ia secara resmi menjadi warga negara naturalisasi Singapura. Zhang pernah bercerita bahwa masa kecilnya harus merasakan kemiskinan dan kelaparan.

Karena itulah, sebagian besar karyawan China di restorannya, Haidilao adalah orang-orang dari kota-kota dan pedesaan dengan pendidikan terbatas.

Bisnis yang ia jalani sejak tahun 1994 ini tumbuh di seluruh dunia, mulai dari Amerika, Inggris, Korea Selatan, Jepang, Australia, Kanada, Singapura, dan Malaysia.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini