Paspor-paspor Terkuat Dunia Tahun 2021, RI Urutan Berapa?

Paspor-paspor Terkuat Dunia Tahun 2021, RI Urutan Berapa? Kredit Foto: Antara/Irwansyah Putra

Siapa yang kangen jalan-jalan? Traveling lagi ke luar negeri sambil nenteng paspor. Rasanya sudah gak sabar dan berharap pandemi Covid-19 lekas berakhir.

Walaupun sekarang masih di rumah aja, tetap jaga paspormu ya. Jangan sampai hilang supaya gak repot bikin baru lagi kalau nanti mau liburan.

Nah, ngomong-ngomong soal paspor, kamu tahu gak, paspor Indonesia termasuk yang terkuat di dunia urutan ke berapa?

Yang terkuat dalam artian, pemegang paspor tersebut memiliki akses keluar masuk suatu negara bebas visa atau visa on arrival (visa pada kedatangan).

Jadi, tidak perlu pakai visa. Cukup menunjukkan paspor saja. Seperti misalnya pemegang paspor Indonesia, kalau berkunjung ke Singapura, Malaysia, Thailand, atau negara ASEAN lainnya tanpa visa.

Jika kepo Indonesia berada di ranking berapa dalam hal kekuatan paspornya, simak penjelasan data berikut ini.

Paspor Jepang Terkuat di Dunia 2021

Memang ya Jepang bukan cuma jadi negara tujuan wisata turis dunia, termasuk Indonesia, ternyata paspor Negeri Sakura itu dinobatkan sebagai yang terkuat sejagat di awal 2021, berdasarkan data Henley Passport Index.

The Henley Passport Index adalah peringkat asli seluruh paspor dunia menurut jumlah tujuan yang dapat diakses pemegangnya tanpa visa.

Pemeringkatan ini didasarkan pada data ekslusif dari International Air Transport Association (IATA), yang mengelola database informasi perjalanan terbesar dan paling akurat di dunia.

Menurut laporan pemeringkat paspor negara, The Henley Passport Index: Q1 2021 Global Ranking, paspor Jepang menduduki posisi teratas. Menjadi yang paling kuat sedunia.

Ditunjukkan dengan data bahwa pemegang paspor Jepang memiliki akses bebas visa dan visa on arrival ke 191 negara. Enak banget gak tuh?

Disusul paspor Singapura, terkuat di urutan kedua. Warga Singapura bisa melanglang buana tanpa visa ke 190 negara.

Sedangkan pada peringkat ketiga, ada paspor Jerman. Menawarkan akses bebas visa dan visa on arrival ke 189 negara kepada pemegangnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini