Tokopedia Catat Kenaikan Pembeli dan Penjual Selama 2020

Tokopedia Catat Kenaikan Pembeli dan Penjual Selama 2020 Kredit Foto: Tokopedia

Tokopedia mencatat jumlah penjual dan pembeli meningkat selama tahun 2020 yang memperlihatkan lonjakan yang signifikan.

“Per Desember 2020, 9,9 juta penjual yang hampir seluruhnya UMKM telah terdaftar di Tokopedia. Ada kenaikan sebesar lebih dari 2,5 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: Bukan Main! Dampak Merger Gojek dan Tokopedia Gak Main-Main

Tak hanya penjual, dari pembeli juga mengalami kenaikan hingga 10 juta. “Jumlah pembeli pun mencatat kenaikan sebesar lebih dari 10 juta - dari 90 juta pada Januari 2020 - menjadi lebih dari 100 juta saat ini,” tambah Ekhel.

Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia. Contohnya Wateru dan Whitelab dari kategori Kesehatan dan Kecantikan, mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan lebih dari 4x lipat.

Don Bakeshop dari kategori Makanan dan Minuman, di sisi lain mengalami peningkatan hingga lebih dari 9x lipat. Bahkan Stayhoops dari kategori Fashion berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI.

Melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah sepanjang Q4 2020, Tokopedia telah mengakuisisi lebih dari 2.000 penjual baru, baik individu maupun pasar tradisional  di berbagai kota, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini