Lupa Password, Programmer Ini Terancam Kehilangan 7 Ribu Bitcoin Setara Rp3,7 Triliun

Lupa Password, Programmer Ini Terancam Kehilangan 7 Ribu Bitcoin Setara Rp3,7 Triliun Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic

Seorang programmer kelahiran Jerman di San Francisco telah menggunakan delapan dari 10 upaya kata sandi untuk membuka kunci hard drive yang berisi kunci pribadi ke dompet Bitcoinn yang berisi 7.002 Bitcoin (BTC).

Kepemilikan Bitcoin itu bernilai $268 juta atau sekitar Rp3,7 triliun jika saja mereka dapat diakses.

Baca Juga: Grayscale Ketiban Durian Runtuh: Ledakan Harga Bitcoin Dongkrak Aset Nyaris 1.000%

Seperti yang diuraikan dalam profil New York Times pada 12 Januari, Stefan Thomas menggunakan hard drive yang disebut IronKey, tetapi kehilangan kertas yang digunakannya untuk menuliskan kata sandi perangkat "bertahun-tahun yang lalu".

Jika Thomas gagal mengingatnya, 10 tebakan yang gagal akan mengakibatkan drive mengenkripsi kontennya selamanya. Sejauh ini, dia telah mencoba delapan tebakan tanpa hasil.

“Saya hanya akan berbaring di tempat tidur dan memikirkannya. Lalu saya akan pergi ke komputer dengan beberapa strategi baru dan itu tidak akan berhasil. Saya akan putus asa lagi," kata Thomas dikutip dari Cointelegraph, Jumat (15/1/2021).

Hampir 20% dari semua Bitcoin yang ada  sekitar 18,5 juta BTC dianggap telah hilang selamanya dalam apa yang disebut dompet "terdampar". Menurut data Chainalysis, Thomas tidak sendirian dalam keputusasaan yang diakuinya sendiri.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini