Proses Komjen Listyo Jadi Kapolri Masih Panjang, Hasilnya Masih Selasa Depan

Proses Komjen Listyo Jadi Kapolri Masih Panjang, Hasilnya Masih Selasa Depan Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Komisi III DPR telah merampungkan rapat pimpinan (Rapim) dengan Kapoksi Komisi III, dalam rangka membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo. Hasilnya, Komisi III menargetkan hasil fit and proper test selesai pada hari Selasa 19 Januari 2021 pekan depan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, saat melaporkan hasil rapat internal tersebut. Dia menyebutkan sejumlah tahapan fit and proper test yang akan dilakukan.

Baca Juga: Jokowi Desak DPR Cepat-cepat Setujui Komjen Listyo Jadi Kapolri

Herman menyampaikan bahwa pada hari Kamis (14/1) besok, Komisi III akan mengundang rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. RDPU ini rencananya akan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca Juga: Namanya Digembar-gemborkan, Listyo Sigit Prabowo Tak Ambil Pusing

"Kemudian jadwal berikutnya hari Senin (18/1/2021), calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah. 1-2 jam pembuatan makalah itu," kata Herman di depan ruang rapat Komisi III DPR.

Selanjutnya, pada hari Selasa (18/1/2021), Komisi III DPR akan masuk pada inti dari tahapan ini, yakni menggelar fit and proper test calon Kapolri. Tahapan ini, kata dia, rencananya akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pola fit and proper test, 2 x 2,5 jam. 

Jadi, fit and proper test pertama akan digelar pukul 10.00-12.30 WIB. Kemudian, fit and proper test akan berlanjut pukul 14.00-16.30 WIB. 

"Kami harapkan di hari Selasa itu, sore harinya sudah bisa Komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh presiden, itu kira-kira," pungkasnya. 

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini