Jokowi Desak DPR Cepat-cepat Setujui Komjen Listyo Jadi Kapolri

Jokowi Desak DPR Cepat-cepat Setujui Komjen Listyo Jadi Kapolri Kredit Foto: Viva

Presiden Joko Widodo mengajukan nama Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun. Jokowi berharap DPR segera proses Komjen Listyo dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan harapan itu agar dilakukan DPR dalam waktu secepatnya.

“Pemerintah sangat berharap proses ini bisa segera ditindaklanjuti oleh DPR secepat-cepatnya," kata Pratikno di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.

Baca Juga: Nama Calon Kapolri yang Dikirim Jokowi Cuma Satu: Listyo Sigit Prabowo!

Ia berharap DPR bisa segera menggelar fit and proper test sehingga tidak perlu sampai menunggu 20 hari seperti yang disampaikan Ketua DPR Puan Maharani.

“Sebagaimana tadi disampaikan oleh Ibu Ketua (Puan) 20 hari dan kami berharap bisa lebih cepat dari itu, sehingga kita segera memperoleh kapolri yang definitif," ujarnya.

Kemudian, ia mengatakan, dalam prosesnya nanti DPR segera menyetujui Komjen Listyo sebagai Kapolri baru. “Kami sangat mengharapkan DPR menyetujui apa yang sudah diusulkan oleh Bapak Presiden," katanya.

Sebelumnya, DPR resmi menerima surat presiden atau surpres dari Jokowi tentang Komjen Listyo sebagai nama calon tunggal kapolri. Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 yang disampaikan Mensesneg Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini