Veteran yang Pernah di Rusia dan Yordania, Ditunjuk Biden Jadi Pentola CIA

Veteran yang Pernah di Rusia dan Yordania, Ditunjuk Biden Jadi Pentola CIA Kredit Foto: AP/Carolyn Kaster

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, memilih diplomat veteran William Burns untuk menjabat sebagai Direktur Central Intelligence Agency atau CIA.

Pernah menjadi duta besar untuk Rusia dan Yordania, Burns memiliki karir sebagai diplomat selama 33 tahun di Departemen Luar Negeri, di bawah presiden Republik hingga Demokrat.

Baca Juga: Para Loyalis Donald Trump Lari Terbirit-birit, Ini yang Terjadi dalam Gedung Putih

Dia kemudian menjabat sebagai wakil menteri luar negeri sebelum pensiun pada tahun 2014 lalu, untuk menjalankan Carnegie Endowment for International Peace.

"Burns adalah seorang diplomat teladan dengan pengalaman puluhan tahun di panggung dunia, menjaga rakyat kami dan negara kami, aman dan terjamin," kata Biden, dikutip Al Jazeera, Senin 11 Januari 2021.

"Dubes Burns akan memberikan pengetahuan, penilaian dan perspektif yang kami butuhkan untuk mencegah dan menghadapi ancaman. Rakyat Amerika bisa tidur nyenyak, dengan dia menjabat sebagai Direktur CIA," imbuh Biden.

Pilihan Biden untuk kursi pemimpin CIA dilakukan di tengah upayanya untuk membentuk tim keamanan nasional, setelah proses transisi sempat tertunda karena Donald Trump menentang pemilu yang digelar November lalu.

Burns harus mendapatkan persetujuan dari Senat AS, sebelum resmi menjadi Direktur CIA. Namun hal ini dipastikan akan berlangsung lancar, lantaran senat saat ini mayoritas dipegang oleh Partai Demokrat pendukung Biden.

Sementara itu, Biden juga telah meminta Kongres untuk mengonfirmasi tim keamanan nasional secepat mungkin jelang pelantikan pada 20 Januari mendatang.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini