Listyo Sigit Prabowo Santer Calon Tunggal Kapolri, DPR: Saya Dengar...

Listyo Sigit Prabowo Santer Calon Tunggal Kapolri, DPR: Saya Dengar... Kredit Foto: Infobank

Nama Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menguat sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz. Apalagi, Sigit termasuk salah satu dari lima nama yang diajukan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Jokowi nasionalismenya oke kalau Mas Sigit (dipilih-red). Memang saya dengar dari orang-orang dia di Solo, sudah tiga hari yang lalu sudah final, seminggu lalu dia sudah dipanggil Jokowi, tapi kita lihat saja, buktinya nanti," ujar Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan kepada SINDOnews, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Kariernya Tak Jauh-jauh dari Jokowi, Begini Perjalanan Listyo Sigit Prabowo

Dia pun membeberkan nama Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nominator calon Kapolri yang telah diumumkan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Ketua Kompolnas, Mahfud MD.

"Kedua, kalau dibilang menguat, Komisi III kan dengar-dengar dari Istana, kalau Kapolri siapa yang kita tanya kan enggak," tuturnya.

Namun, lanjut dia, paling tidak Listyo Sigit Prabowo memenuhi kriteria sebagai calon Kapolri, yakni sebagai salah satu jenderal bintang 3. Trimedya menilai proses pergantian kapolri kali ini sudah begitu terbuka.

"Pak Mahfud kemarin mengumumkan nama yang diajukan Kompolnas, biasanya kan enggak, periode pertama Jokowi kan enggak, ini kan Pak Mahfud umumkan ada lima nama yang diajukan Kompolnas. Mudah-mudahan Pak Sigit ini bisa melaksanakan tugasnya," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Sekadar diketahui, selain Listyo Sigit Prabowo, nama lain yang diajukan Kompolnas ke Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri pengganti Idham Aziz adalah Komjen Gatot Edy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini