Investor Asing Incar Saham Bank Besar Hingga Relakan Dana Senilai Triliunan Rupiah

Investor Asing Incar Saham Bank Besar Hingga Relakan Dana Senilai Triliunan Rupiah Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil melesat 2% atau 125.10 poin kelevel 6,382.94 dengan saham-saham pada sektor keuangan menguat 3.86% memimpin penguatan.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengungkapkan bahwa Investor asing terlihat sangat optimis pada saham-saham berkapitalisasi besar seperti saham perbankan pada sektor keuangan.

"Saham BBRI dan BBCA tercatat net buy lebih dari 600 miliar rupiah oleh investor asing diawal pekan ini di ikuti TLKM dan BMRI yang masing-masing sebesar 300 miliar rupiah dan 265 miliar rupiah. Sehingga investor asing pada perdagangan awal pekan tercatat net buy sebesar 2.46 Triliun rupiah," ujar Lanjar.

Baca Juga: Pasar Saham Nyayur Parah, IHSG Cerah Diguyur Triliunan Rupiah!

Menurut Lanjar adanya prospek positif yang mengimplikasikan kebijakan pemerintah yang cukup agresif pada pemulihan ekonomi dan kebijakan pertambangan dalam negeri menjadi faktor utamannya.

"Selain itu, Likuiditas yang membanjiri pasar di dunia guna memerangi dampak pandemi menuntut investor melakukan diversifikasi investasi ke negara berkembang," tambahnya.

Baca Juga: Sahamnya Meroket 2.800 Persen, Miliarder China Ini Berpotensi Jadi Orang Terkaya Dunia!

Ia menilai bahwa secara teknikal IHSG mendekati target wave 5 secara rasio ideal fibonacci retracement 161.8% di kisaran 6400. Indikator stocahstic masuk diarea overbought, RSI bullish momentum yang berpeluang jenuh, MACD cross over positif dengan histogram yang menguat. Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi menguat terbatas uji resistance target 6400 dengan support resistance 6340-6420.

"Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya; BBRI, BBCA, JSMR, LPPF, SMBR, TBIG, TLKM, TOWR, UNVR," pungkas Lanjar.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini