Tak Disangka, Tak Diduga, Kelebihan ini yang Bikin Komjen Sigit Paling Kuat Jadi Kapolri

Tak Disangka, Tak Diduga, Kelebihan ini yang Bikin Komjen Sigit Paling Kuat Jadi Kapolri Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dinilai paling berluang menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai kapolri. Sigit dianggap punya satu kelebihan yang tidak dimiliki sejumlah kandidat lain.

Baca Juga: Listyo Sigit Prabowo Ungkap Alasan Ambil Alih Kasus Tembak 6 Laskar FPI

Pengamat Intelijen dan Keamanan Stanislaus Riyanta menyatakan, lima nama jenderal bintang tiga yang diungkapkan Menkopolhukam Mahfud MD punya kriteria yang cocok sebagai calon kapolri.

"Semuanya mempunyai rekam jejak yang baik dan kemampuan yang mumpuni, saat ini tinggal pertimbangan dari Presiden untuk memilih satu di antara 5 nama tersebut," kata Stanislaus saat dihubungi SINDOnews, Senin (11/1/2021). Baca Juga: Intip Sepak Terjang Komjen Listyo Setahun Pimpin Polisi Reserse

Akan tetapi, Stanislaus meyakini Presiden Jokowi sudah mengantongi satu nama pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis, yaitu Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Meskipun rekam jejaknya relatif sama dengan calon lain, ada catatan khusus yang dipertimbangkan Jokowi bahwa usia kerja Sigit masih cukup panjang hingga 2027.

Baca Juga: Listyo Sigit Prabowo Ungkap Alasan Ambil Alih Kasus Tembak 6 Laskar FPI

"Ini akan menjadi dinamika tersendiri. Jika terpilih maka Komjen Sigit akan melampaui banyak seniornya. Ini sebaiknya juga menjadi catatan atau pertimbangan," ujarnya. 

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini