Simak! Ini Wejangan BI Biar Gernas Bangga Buatan Indonesia Makin Tokcer

Simak! Ini Wejangan BI Biar Gernas Bangga Buatan Indonesia Makin Tokcer Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, pihaknya akan terus bersinergi mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di tahun 2021, melanjutkan komitmen dukungan BI dalam Gernas BBI 2020. Menurutnya ada tiga kunci utama untuk memperkuat Gernas BBI.

"Pertama, sinergi berbagai pemangku kepentingan dalam mendorong UMKM unggulan di masing-masing daerah untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar," ujar Perry dalam peluncuran Gernas BBI di Bali, Senin (11/1/2021).

Kedua, lanjut dia, yakni kreativitas dalam menghasilkan karya-karya kreatif yang dapat menarik pasar baik di dalam maupun luar negeri. Dan ketiga, digitalisasi, baik dalam perluasan pasar (onboarding), pengelolaan usaha, maupun sistem pembayaran.

Baca Juga: Dukung Inovasi Digital, BI Reformasi Aturan Sistem Pembayaran

Dalam kesempatan yang sama, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyampaikan dukungan terhadap langkah-langkah BI terkait digitalisasi sistem pembayaran, khususnya implementasi QR Code Indonesian Standard(QRIS).

"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus bersinergi mendorong UMKM menghasilkan produk berkualitas tinggi (high value) guna mendorong momentum pemulihan ekonomi," kata Luhut.

Gernas BBI merupakan salah satu program yang sedang digalakkan Pemerintah untuk memperkuat industri dan produk-produk unggulan dalam negeri. oleh sebab itu melalui Gernas BBI, masyarakat diharapkan dapat membeli dan menggunakan produk-produk UMKM buatan lokal. 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini