Mentan Bidik Ekspor Pertanian Naik Tiga Kali Lipat

Mentan Bidik Ekspor Pertanian Naik Tiga Kali Lipat Kredit Foto: Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 dengan tema Memperkuat Peran Sektor Pertanian dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19 memaparkan program utama diantaranya meningkatkan ekspor hingga tiga kali lipat.

Pada pembukaan Rakernas dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/1/2021) ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan rapat kerja kali ini merupakan rapat kerja yang rutin diadakan setiap mengawali tahun anggaran. ia menambahkan Kementrian Pertanian telah menetapkan arah dan kebijakan pertanian yaitu pertanian maju, modern, dan mandiri.

Baca Juga: Geliat Generasi Milenial di Sukabumi Tekuni Pertanian Melalui Program YESS

“Arah dan kebijakan ini menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat dan cepat bagi jajaran Kementrian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik,” kata Syahrul dalam sambutannya.

Ia merinci bebarapa program prioritas Kementrian Pertanian di tahun ini. Diantaranya mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan kemandirian nasional dan lokal. Serta memanfaatkan kekinian teknologi atau modernisasi.

“Program utama yakni dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan peningkatan nilai tambah dan ekspor. Beberapa langkah yang akan dilakukan diantaranya meningkatkan produktivitas, peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan, lumbung pangan, hingga ekspor tiga kali lipat menjadi orientasi kami,” paparnya.

Pada Rakernas kali ini akan dilakukan penandatanganan MoU antara Kementrian Pertanian dan Kementrian BUMN dan BKPM. Rakernas ini juga dihadiri 1.300 peserta yang dihadiri secara virtual baik online maupun offline.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini