Dipimpin Orang-orang Demokrat, Pemakzulan Tentukan Nasib Donald Trump

Dipimpin Orang-orang Demokrat, Pemakzulan Tentukan Nasib Donald Trump Kredit Foto: Antara/REUTERS/Carlos Barria

Dewan Perwakilan Rakyat AS dapat mengadakan pemungutan suara paling cepat pada hari Selasa (11/1/2020) atas proses pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump, kata seorang politikus senior partai Demokrat.

Partai Demokrat di DPR berencana untuk mengajukan dakwaan "penghasutan untuk pemberontakan" terhadap sang presiden atas perannya dalam penyerbuan di gedung Capitol.

Baca Juga: Dorongan Penggulingan Trump Menguat, Isu Pemakzulan Kembali Naik

Anggota kongres dari South Carolina James Clyburn, dipotret bersama Ketua DPR Nancy Pelosi, adalah sekutu kuat Joe Biden.

James Clyburn, yang merupakan politikus tertinggi ketiga partai Demokrat di DPR, berkata kepada CNN akan ada tindakan yang diambil pada minggu ini.

Namun partai tidak akan mengirim pasal-pasal pemakzulan ke Senat sampai setelah 100 hari pertama Joe Biden menjabat.

"Mari kita beri Presiden terpilih Biden 100 hari yang ia butuhkan untuk menjalankan agendanya," kata Clyburn.

Itu akan memungkinkan Biden untuk mengukuhkan kabinet barunya dan memulai sejumlah kebijakan utama termasuk mengatasi virus corona  langkah yang akan tertunda jika Senat sudah menerima pasal-pasal pemakzulan.

Trump belum membuat pernyataan publik sejak akunnya ditangguhkan dari beberapa platform media sosial - termasuk Twitter - pada hari Jumat.

Namun, pada hari Minggu, Gedung Putih mengumumkan bahwa presiden akan berangkat ke Texas pada hari Selasa untuk mengunjungi bagian tembok perbatasan dengan Meksiko. Sang presiden bermaksud menyoroti pencapaian pemerintahannya di sana.

Partai Demokrat serta semakin banyak anggota partai Republik menuduh Trump mendorong kerusuhan di Kongres pada Rabu lalu yang menewaskan lima orang.

Namun tidak ada senator Republik yang berkata mereka akan menyatakan sang presiden bersalah. Senator Republik Pat Toomey meminta Trump untuk mengundurkan diri pada hari Minggu.

"Saya pikir jalan terbaik bagi negara kita .... adalah presiden mengundurkan diri dan pergi secepat mungkin," kata Senator Toomey kepada acara Meet the Press di stasiun televisi NBC.

"Saya mengakui bahwa itu kemungkinannya kecil, tetapi saya pikir itu yang terbaik."

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini