Kisah Orang Terkaya: Pallonji Mistry, Taipan Konstruksi asal India

Kisah Orang Terkaya: Pallonji Mistry, Taipan Konstruksi asal India Kredit Foto: Twitter/forbes_india

Salah satu orang terkaya di India, Pallonji Mistry adalah satu dari dua miliarder tertua di India dengan usia 91 tahun. Kekayaan bersihnya menurut Forbes diperkirakan mencapai USD14,8 miliar atau sekitar Rp207 triliun.

Pemilik nama lengkap Pallonji Shapoor Mistry ini adalah miliarder Irlandia India yang mengepalai kelompok raksasa konstruksi, Shapoorji Pallonji Group. Dia juga mengantongi tempat di antara 20 mogul otomotif terkaya di dunia.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Xu Hang, Miliarder Perangkat Medis yang Makin Kaya Berkat Corona

Perusahaan konstruksinya, Shapoorji Pallonji, didirikan pada tahun 1865 oleh sang ayah dan mengubahnya menjadi konglomerat bernilai miliaran dengan pendapatan tahunan sebesar USD3,8 miliar. Perusahaan ini didirikan sebagai firma kemitraan Littlewood Pallonji.

Proyek pertama mereka adalah pembangunan trotoar di Girgaum Chowpatty, diikuti dengan menjadi bagian dari pembangunan waduk di Malabar Hill yang memasok air ke Mumbai selama lebih dari 100 tahun. Perusahaan juga membangun stadion Brabourne di Mumbai dan stadion Jawaharlal Nehru di Delhi.

Selain itu, Shapoorji Pallonji Group terkenal dengan pembangunan bangunan ikonik termasuk Taj Intercontinental Hotel, gedung Reserve Bank of India dan gedung HSBC.

Grup ini terdiri dari Afcons, SPCL, SP International, Sterling & Wilson, SP Real Estate, dan pembuat barang konsumen Eureka Forbes. Tetapi Shapoorji Pallonji Group hanya memiliki tiga perusahaan yang terdaftar: Forbes & Company Ltd., Gokak Textiles dan Sterling & Wilson.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini