Dapat Instruksi Langsung dari Pak Jokowi, Menhub Budi Karya: Pencarian Sriwijaya Air Harus Maksimal

Dapat Instruksi Langsung dari Pak Jokowi, Menhub Budi Karya: Pencarian Sriwijaya Air Harus Maksimal Kredit Foto: Antara

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memantau langsung proses pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang Kontak pada Sabtu 9 Januari 2021. Budi memantau proses pencarian bersama sejumlah petinggi TNI-Polri dan anggota Basarnas, KNKT hingga Jasa Marga berangkat menuju Perairan Kepulauan Seribu pada pukul 07.30 WIB

Budi mengatakan, pengendalian proses pencarian Pesawat Sriwijaya Air ini dilakukan oleh Badan SAR Nasional. Setiap detail informasi dan temuan yang didadapat, Basarnas diharapkan menyampaikan langsung di Posko yang berlokasi di Dermaga JICT Tanjung Priok Jakarta Utara. Baca Juga: Siap Kasih Klaim Asuransi Korban Pesawat Jatuh Sriwijaya Air, Jasa Raharja: Doakan yang Terbaik

"Lebih lanjut kami menginformasikan bahwa dalam pengendalian pencarian ini, ada pada Basarnas. Basarnas saya minta untuk menyampaikan informasi dengan detail dan dari waktu ke waktu di tempat ini," kata Budi di Posko JICT 2, Minggu pagi 10 Januari 2021.

Menurut Budi, TNI AL, Polri dan semua pihak terkait dari sejak kemarin sudah mengerahkan kapal-kapalnya untuk melakukan pencarian. Menurut Budi, Presiden sangat menekankan agar pencarian dilakukan secara maksimal. Baca Juga: Bocoran Kapolri Baru Pilihan Jokowi: Sudah Direnungkan sejak Tito Jadi Mendagri

"Ini semua atas perintah Pak Presiden. Kemarin pukul lima menginsitruksikan upaya pencarian dilakukan secara maksimal," ujar Budi.

Sementara itu, Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsdya Bagus Puruhito menyampaikan duka cita mendalam atas musibah ini. Bagus mengatakan, hari ini melaksanakan tiga metode pencarian, salah satunya pencarian diatas permukaan dengan menggunakan Helikopter.

"Tadi seperti yang disampaikan oleh Panglima TNI bahwa titik atau koordinat atau daerah lokasi yang diduga sudah ditemukan hari ini kita mencari dengan di atas permukaan dengan menggunakan Heli dari TNI AU satu dari Basarnas, kemudian menggunakan kapal di bawah permukaann kita menggunakan kapal-kapal yang mempunyai perlengkapan zona di antaranya KRI Rigel yang di antaranya diberikan bantuan dari Panglima TNI," ujar Bagus.

Menurut Bagus, pencarian tersebut telah dilakukan sejak semalam. "semalam sudah bergerak ada taruna jaya ada dari Basarnas sendiri yang sudah bergerak kami menghaturkan terimakasih sekali kepada TNI, dan stakeholder lainnya yang mendukung basarnas. mudah-mudahan hari ini ada perkembangan yang lebih baik seperti yang disampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini