Apa Itu Conversion Rate?

Apa Itu Conversion Rate? Kredit Foto: Unsplash/Carlos Muza

Conversion rate adalah persentase pengunjung situs web Anda yang sudah melakukan sesuatu yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda, misalnya melakukan pembelian. Tingkat konversi yang tinggi menunjukkan pemasaran dan desain web yang sukses. Artinya, orang-orang menginginkan apa yang telah Anda tawarkan dan mereka dapat dengan mudah mendapatkannya di situs web bisnis Anda. Untuk mengetahui apa itu conversion rate lebih dalam, simak artikel berikut ini.

Mengenal Conversion Rate Bagi Bisnis Digital

Conversion rate mencatat persentase pengguna yang telah menyelesaikan tindakan yang diinginkan. Conversion rate dihitung dengan mengambil jumlah total pengguna yang 'berkonversi' (misalnya, dengan mengklik iklan), membaginya dengan ukuran keseluruhan audiens, dan mengubahnya kedalam bentuk persentase.

Baca Juga: Apa Itu Banner Advertising?

Bergantung pada sasaran bisnis Anda, "konversi" bisa berupa apa saja, tetapi berikut adalah beberapa jenis konversi yang umum dalam bisnis digital:

• Melakukan pembelian

• Mengirimkan formulir (formulir contact us, formulir lead gen, dll)

• Menelepon bisnis Anda.

• Terlibat dengan obrolan online Anda.

• Mendaftar untuk berlangganan (berbayar atau gratis, seperti newsletter).

• Mendaftar akun di situs web.

• Mengunduh sesuatu seperti software trial, eBook, aplikasi di smartphone.

• Menggunakan sesuatu seperti fitur baru dan update pada software atau aplikasi Anda. Selain itu juga menggunakan software atau aplikasi Anda dalam jangka waktu tertentu.

• Meningkatkan layanan mereka.

• Terlibat dengan situs Anda dalam beberapa cara seperti waktu kunjungan di situs web, kunjungan berulang, dan jumlah halaman yang sudah dikunjungi.

Ada banyak tindakan konversi lain yang dapat dilakukan pengguna di situs web, tetapi beberapa hal tadi akan memberi Anda gambaran tentang apa itu "konversi". Pada dasarnya, convertion rate adalah tindakan terukur yang mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan yang melakukan transaksi dengan cara tertentu.

Cara Menghitung Conversion Rate

Menghitung konversi sebenarnya cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah membagi jumlah konversi yang Anda dapatkan dalam kerangka waktu tertentu dengan jumlah total orang yang sudah mengunjungi situs atau landing page Anda kemudian mengalikannya dengan 100%.

Conversion rate = (konversi / pengunjung total) x 100%

Misalnya, jika situs Anda memiliki 17.492 pengunjung dan 2.305 konversi pada bulan lalu, rasio konversi Anda adalah 13,18%. Cukup mudah bukan? Faktanya, jika Anda mengatur tracking Anda dengan benar, sebagian besar periklanan online seperti Google Ads, Facebook Ads dan platform analitik seperti Google Analytics, sebenarnya dapat menunjukkan kepada Anda tingkat konversi Anda secara langsung di interface mereka.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini