Jawaban IKEA Terkait Gugatan UKM Tangerang Rp543 Miliar

Jawaban IKEA Terkait Gugatan UKM Tangerang Rp543 Miliar Kredit Foto: Viva

IKEA Supply AG merespons gugatan yang dilayangkan salah satu usaha kecil menengah (UKM) yang berada di kawasan Tangerang, Banten.

UKM yang sudah memiliki badan hukum, PT ALN menggugat IKEA Supply AG sebesar Rp543 miliar. 

Mereka menggugat IKEA Supply AG ke Pengadilan Negeri Tangerang dengan dugaan telah melakukan perbuatan melawan hukum. Gugatan yang ditujukan ke IKEA Supply AG itu terdiri atas gugatan materi Rp43 miliar dan immaterial sebesar Rp500 miliar. Gugatan tersebut bernomor 1170/Pdt.G/2020/PN.Tng. 

Dari keterangan yang diterima VIVA, Jumat 8 Januari 2021, IKEA Supply AG menjelaskan duduk perkaranya, begini pernyataan utuhnya:

Di Grup Inter IKEA, Kami percaya pada hubungan jangka panjang dengan mitra penyuplai kami. IKEA menghargai bisnis kami di Indonesia dan melihat potensi besar dalam mengembangkan sourcing di Indonesia selama lima tahun ke depan. Hubungan jangka panjang adalah dasar untuk produksi dan pengembangan yang efisien. Pada kesempatan yang jarang terjadi, kami memutuskan untuk tidak lagi bekerjasama dengan mitra penyuplai kami. Pemutusan kerja sama ini merupakan keputusan yang berat bagi kami. Sebelum melakukan hal ini, kami selalu memastikan bahwa semua pilihan lain telah diusahakan dan dicoba. Kami tidak akan memberikan tanggapan di depan umum atas diskusi kami dengan salah satu mitra penyuplai kami.

Lebih lanjut, kami tidak akan memberikan tanggapan atas kasus spesifik mengenai pemutusan kontrak ini. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk menemukan kesepakatan yang adil bagi IKEA dan juga mitra kami.

Grup Inter IKEA terdiri dari tiga bisnis inti, yaitu Waralaba, Range & Supply dan Industri. Di dalam bisnis Waralaba, Inter IKEA Systems B.V. adalah pemilik dari Konsep IKEA dan pemberi waralaba secara global. Inter IKEA Systems B.V mengembangkan dan menawarkan Konsep IKEA kepada pemegang waralaba IKEA, sehingga memungkinkan pemenuhan jangka panjang Ide Bisnis IKEA. Di dalam bisnis Range & Supply, IKEA of Sweden AB bertanggung jawab untuk mengembangkan, mendesign dan memproduksi solusi perabot rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak orang. Selain itu, IKEA Supply AG adalah perusahaan wholesale yang menyuplai pemegang waralaba IKEA dengan produk IKEA. Terakhir, bisnis industri adalah manufaktur produk IKEA berbahan dasar kayu.

 

Hormat kami,

IKEA Range & Supply Media Relations & Newsdesk

Älmhult, Sweden

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini