Terkuak Fakta Baru Penembakan 6 Laskar FPI, Hasil Temuan Komnas HAM

Terkuak Fakta Baru Penembakan 6 Laskar FPI, Hasil Temuan Komnas HAM Kredit Foto: Viva

Komisioner Komnas HAM sekaligus Ketua Tim Penyelidikan dan Pemantauan Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan fakta baru terkait kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) yang terjadi di tol Cikampek pada awal Desember 2020 lalu. 

Pernyataan ini disampaikan Anam dalam keterangan pers di kantornya, Jumat 8 Januari 2021. Fakta dari rekaman video CCTV, suara di Voice note dari polisi maupun FPI dibongkar habis.

“Rekaman suara dilakukan secara manual dan satu teks dan lokasi. Jad voice note yang didapat dari polisi dan FPI diperiksa manual. Dicocokkan saksi yang ada di dalam voice note, apakah benar,” ucap Anam.

Baca Juga: Risma Blusukkan, Eks Mensos: Tidak Ada Tunawisma atau Pengemis di Daerah Protokol DKI

Anam menambahkan, dari rekaman Voi8ce note tersebut menunjukkan adanya pembicaraan siapa saja yang terlibat dalam baku tembak tersebut.

“Hasilnya dapat skema jalan dari sentul sampai gerbang tol siapa saja yang ngomong pembicaraan ada di voice note,” lanjutnya.

Anam mengemukakan, Komnas HAM memperoleh gambaran adanya ketegangan eskalasi rendah dari Sentul sampai Pintu Tol Tol Karawang Timur. Eskalasi rendah ini ditandai dengan belum adanya gesekan antara rombongan FPI dan petugas karena jarak kendaraan masih jauh. 

Fakta yang ditemukan Komnas HAM yakni terdapat kendaraan Laskar FPI memiliki kesempatan menjauh dari petugas. Namun, kata Anam, hal tersebut tidak dilakukan. Temuan itu diperoleh dari tangkapan gambar CCTV milik Jasa Marga dan rekaman suara diperoleh.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini