Kisah Perusahaan Raksasa: Mulanya Bengkel Sepeda, Peugeot Tumbuh Sebagai Raksasa Otomotif Prancis

Kisah Perusahaan Raksasa: Mulanya Bengkel Sepeda, Peugeot Tumbuh Sebagai Raksasa Otomotif Prancis Kredit Foto: Reuters/Charles Platiau

Peugeot adalah pabrikan otomotif papan atas Prancis, yang menjadi bagian dari Groupe PSA. Pabrikan ini memproduksi mobil dan kendaraan komersial ringan. Selain itu, ia juga merakit sepeda motor, skuter, mesin hidrolik, komponen kendaraan dan menyediakan layanan purnajual.

Dengan perolehan pendapatan tahunan sebesar 83,64 miliar dolar AS, nama Peugeot tercatat dalam daftar perusahaan raksasa Fortune Global 500 di peringkat ke-101. Meskipun kekuatannya terus membaik, namun tahun ini ia justru kembali turun dari sebelumnya (2019) di peringkat ke-96. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Wuhan, Bisnis Otomotif Konglomerat Dongfeng Motor Mendunia

Perusahaan berhasil membukukan laba bersih senilai 3,58 miliar dolar. Sementara aset yang dikelola mencapai 78,30 miliar dolar, sedangkan ekuitasnya telah di angka 21,40 miliar dolar.

Otomotif adalah bidang bisnis utama Peugeot. Meski begitu yang unik adalah perusahaan ini diawali dengan bisnis kopi dan sepeda. 

Bagaimana Peugeot tumbuh dan kembang hingga saat ini? Pada Jumat (8/1/2021), Warta Ekonomi akan mengulas secara ringkas kisahnya menjadi artikel sebagai berikut.

Akar Peugeot berasal dari manufaktur sepeda di akhir abad ke-19. Orang di balik semua itu adalah Armand Peugeot. Ia memperkenalkan Peugeot "Le Grand Bi" penny-farthing, pada tahun 1882, dan berbagai jenis sepeda. Sepeda Peugeot telah dibuat hingga baru-baru ini, meskipun perusahaan mobil dan perusahaan sepeda berpisah pada 1926.

Armand Peugeot menjadi sangat tertarik pada mobil sejak awal, dan setelah bertemu dengan Gottlieb Daimler dan yang lainnya yakin akan kemampuannya. Mobil Peugeot pertama (mobil bertenaga uap beroda tiga yang dirancang oleh Léon Serpollet) diproduksi pada tahun 1889.

Pada tahun 1896, Armand Peugeot memisahkan diri dari Les Fils de Peugeot Frères untuk membentuk perusahaannya sendiri, Société Anonyme des Automobiles Peugeot, membangun pabrik baru di Audincourt untuk fokus sepenuhnya pada mobil.

Selama Perang Dunia I, Peugeot beralih ke produksi senjata, menjadi produsen utama senjata dan kendaraan militer, dari sepeda hingga tank dan peluru. Pascaperang, produksi mobil dilanjutkan dengan sungguh-sungguh.

Akan tetapi, pada tahun 1926, bisnis sepeda (pedal dan motor) terpisah menjadi Cycles Peugeot — divisi sepeda yang secara konsisten menguntungkan yang berusaha membebaskan diri dari bisnis otomotif yang lebih boom-and-bust.

Pada tahun 1929, Peugeot 201 diperkenalkan, mobil pertama yang dinomori dengan cara Peugeot. Tipe 201 juga merupakan mobil produksi massal pertama dengan suspensi depan independen.

Pada tahun 1933, mencoba menghidupkan kembali keberuntungan, perusahaan meluncurkan rangkaian baru bergaya aerodinamis. Pada tahun berikutnya, sebuah mobil dengan hardtop lipat yang dapat ditarik kembali diperkenalkan, sebuah ide yang diulangi oleh Ford Skyliner pada 1950-an.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini