Kisah Orang Terkaya: Xu Hang, Miliarder Perangkat Medis yang Makin Kaya Berkat Corona

Kisah Orang Terkaya: Xu Hang, Miliarder Perangkat Medis yang Makin Kaya Berkat Corona Kredit Foto: Nestia/Imagechina

Pandemi corona membawa kekayaan salah satu orang terkaya di China, Xu Hang makin kaya lagi. Ia adalah salah satu pendiri dan ketua Mindray Medical International, pemasok perangkat medis yang berdiri pada tahun 1991 dan berkantor pusat di Shenzhen.

Berdasarkan data Forbes Real Time Net Worth, hari ini kekayaan Xu Hang mencapai USD22,6 miliar atau setara dengan Rp318 triliun. (kurs Rp14.064)

Xu memiliki gelar sarjana dari Departemen Ilmu dan Teknologi Komputer Universitas Tsinghua. Ia juga memegang gelar master di bidang teknik biomedis dari Departemen Teknik Elektro Universitas Tsinghua dan mendapatkan gelar EMBA dari China-Europe International Business School.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Mikhail Prokhorov, Miliarder Rusia Pemilik Klub Basket NBA

Lonjakan permintaan peralatan medis di tengah pandemi virus corona telah meningkatkan kekayaan miliarder China, termasuk Xu Hang sendiri. Pada awal tahun 2020 saja, aset Xu melonjak 26. Bahkan saat itu, peringkatnya naik hingga mengalahkan mendiang Ketua Elektronik Samsung Lee Kun-hee.

Perusahaan yang terdaftar di Shenzhen ini memasok peralatan medis ke lebih dari 190 negara. Termasuk memasok Italia yang sempat menjadi episentrum Corona dengan hampir 10.000 peralatan termasuk ventilator dan perangkat ultrasound. Xu yang kini penduduk Singapura, dan dua mitranya mendaftarkan kembali perusahaan itu di Shenzhen, tiga tahun setelah membeli sahamnya yang diperdagangkan di AS.

Mindray berdiri pada tahun 1991 ketika hampir tidak ada industri medis di China dan semua perangkat diimpor. Selama dua tahun pertama, Mindray hadir sebagai distributor lokal perangkat asing. Setelah dua tahun, mereka memulai R&D sendiri, dengan memperkenalkan produk pertama pada tahun 1993 diikuti oleh produk baru setiap tahun setelahnya. Saat ini, Mindray adalah perusahaan perangkat medis China nomor satu dalam hal pendapatan, jaringan, dan sumber daya R&D.

Mindray memiliki 41 anak perusahaan dan kantor cabang di 31 negara, serta 32 kantor cabang di China. Mindray terdaftar di NYSE pada September 2006 dan dihapus dari daftar pada Maret 2016 untuk mengajukan pencatatan ulang di pasar A-Share China. Mindray tercatat kembali di Bursa Efek Shenzhen pada Oktober 2018.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini