Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Biden Usai Penyerangan Capitol

Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Biden Usai Penyerangan Capitol Kredit Foto: Getty Images/Samuel Corum

Beberapa jam usai ratusan pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Gedung Capitol Amerika Serikat (AS), Kongres AS resmi mengesahkan kemenangan Joe Biden dari Partai Demokrat, Kamis (7/1). Segera setelah pengesahan itu, Gedung Putih merilis pernyataan dari Trump.

Trump menjanjikan transisi yang tertib pada 20 Januari saat Biden dilantik sebagai presiden. Kongres kini mengesahkan kemenangan suara elektoral yang diperoleh Biden usai kisruh terjadi di Gedung Capitol pada Rabu dan setelah perdebatan yang cukup panjang hingga Kamis dini hari waktu setempat.

Baca Juga: 4 Mantan Presiden Amerika Serikat Kecam Penyerbuan US Capitol, Salah Satunya Ngomong Aib

Usai perdebatan, senat dan Dewan Perwakilan Rakyat menolak dua keberatan terhadap penghitungan suara dan mengesahkan suara elektoral final dengan perolehan 306 suara untuk Biden dan 232 suara Trump.

Wakil Presiden Mike Pence, saat mengumumkan total akhir suara yang mendukung kemenangan Biden mengatakan, Biden dan Kamala sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Keduanya akan dilantik pada 20 Januari.

Diketahui, setelah kerusuhan yang disemangati oleh Trump, perusuh memaksa menerabas barikade keamanan lokal, merusak jendela, hingga memanjat tembok untuk berusaha masuk ke Gedung Capitol.

Kekacauan semakin menjadi usai Trump berbicara kepada ribuan pendukung di dekat Gedung Putih dan meminta kepada mereka berbaris di Capitol untuk terus memrotes proses pemungutan suara. Dia mengatakan kepada pendukungnya untuk menekan wakil terpilih mereka menolak hasil, dan mendesak mereka untuk melawan.

Pihak kepolisian menyebut empat orang meninggal dunia dalam kekisruhan itu. Satu dari tembakan dan tiga akibat keadaan darurat medis. Selain itu, 52 orang ditangkap.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini