Asosiasi Perbankan Italia Mulai Studi Euro Digital

Asosiasi Perbankan Italia Mulai Studi Euro Digital Kredit Foto: Unsplash/Michele Bitteto

Asosiasi Perbankan Italia, atau ABI, telah menegaskan dukungannya untuk implementasi mata uang digital Eropa yang berdaulat dengan memulai studi percontohan pada proyek euro digital.

Menurut pengumuman, Libra Association bekerja dengan unit penelitian dan pengembangannya, ABI Lab, dan bank komersial di negara tersebut untuk mengembangkan euro digital eksperimental menurut laporan Cointelegraph, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Cara Gunakan Facebook Ads, Platform Periklanan Digital Milik Facebook

Studi euro digital ABI dilaporkan akan berfokus pada dua bidang utama-analisis kelayakan teknis dan programabilitas mata uang digital bank sentral untuk membuat perbedaan dari metode pembayaran elektronik yang ada.

Perusahaan jaringan perusahaan Italia SIA akan membantu konsorsium dalam studi kelayakan teknis. SIA juga merupakan kolaborator dalam Project Spunta, lapisan penyelesaian antarbank berbasis blockchain ABI.

Meskipun proyek ini berfokus pada euro digital eksperimental, tidak ada indikasi keterlibatan bank sentral Italia. Sebaliknya, kolaborator lain seperti pakaian layanan digital, Balas, dan raksasa konsultan PwC, ditunjuk sebagai mitra dalam studi percontohan.

Bagi ABI, program ini merupakan bagian dari upaya mempersiapkan bank-bank Italia untuk masa depan yang bisa memasukkan euro digital.

"Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk secara proaktif berkontribusi dalam debat publik dan mendukung bank yang beroperasi di Italia saat mereka bersiap untuk masa depan. Ini tidak bertujuan untuk mengantisipasi keputusan [Bank Sentral Eropa (ECB)] tentang adopsi mata uang digital, melainkan untuk mengeksplorasi kemungkinan kasus penggunaan dan merefleksikan implikasi dari kemungkinan penerapannya sebelumnya," kata juru bicara ABI.

Kembali pada bulan Desember, seorang pejabat ECB mengatakan bahwa fase pertimbangan bank untuk euro digital bisa berjalan dengan baik hingga 2021. Memang, laporan sebelumnya menyatakan bahwa mata uang digital bank sentral regional setidaknya lima tahun lagi untuk dibuat.

Di Prancis, bank sentral sudah menjalankan beberapa protokol pengujian untuk euro digital eksperimentalnya. Pengembang Ethereum, ConsenSys, adalah salah satu perusahaan blockchain yang berkolaborasi dengan perusahaan mitra yang menguji euro digital atas nama Bank of France.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini