Eks Presiden Jimmy Carter Batal Kunjungi Washington buat Saksikan Pelantikan Biden, Ada Apa?

Eks Presiden Jimmy Carter Batal Kunjungi Washington buat Saksikan Pelantikan Biden, Ada Apa? Kredit Foto: Antara/REUTERS/Kevin Lamarque

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter tidak akan menghadiri pelantikan presiden terpilih Joe Biden di Washington pada 20 Januari 2021. Hal itu dikonfirmasi juru bicara keluarga Carter pada Selasa (5/1/2021).

Berbicara kepada wartawan di Atlanta, Georgia, juru bicara Carter Center mengatakan bahwa Presiden ke-39 itu, dan istrinya, Rosalyn Carter “tidak akan melakukan perjalanan ke Washington untuk pelantikan tetapi telah mengirimkan harapan terbaik mereka kepada Presiden terpilih Biden dan Wakil Presiden terpilih Harris."

Baca Juga: Georgia di dalam Genggaman, Pijakan Kaki Biden Makin Kukuh karena...

“Mereka mengharapkan pemerintahan yang sukses,” kata juru bicara itu sebagaimana dilansir Sputnik.

Carter dan istrinya telah menghadiri setiap pelantikan presiden sejak 1977 dan dia menjadi salah satu tokoh pertama yang mengumumkan niat menghadiri pelantikan Presiden Donald Trump pada 2017.

Di usia 96 tahun, Carter menjadi presiden AS tertua yang masih hidup, dan presiden dengan usia paling panjang dalam sejarah Negeri Paman Sam. Dia telah menghabiskan sebagian besar masa pandemi Covid-19 di kampung halamannya di Plains, Georgia.

Pada Agustus 2015, Carter mengumumkan bahwa penyakit metastasis melanoma telah menyebar ke hati dan otaknya. Meski sempat mengatakan masa hidupnya tak lama lagi, pada Desember di tahun itu Carter mengumumkan bahwa dia telah mengalahkan kanker tersebut setelah perawatan eksperimental.

Tidak ada alasan yang diberikan terkait ketidakhadiran Carter, tetapi dia telah melakukan kunjungan ke rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir, termasuk serangkaian prosedur terkait patah pinggul pada 2019.

Pengumuman ketidakhadiran Carter itu disampaikan dua pekan sebelum pelantikan Biden. Acara tersebut direncanakan digelar dalam skala yang diperkecil dan taat pada pedoman Covid-19.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini