Cara Gunakan Facebook Ads, Platform Periklanan Digital Milik Facebook

Cara Gunakan Facebook Ads, Platform Periklanan Digital Milik Facebook Kredit Foto: Unsplash/Eric Mclean

Industri periklanan telah merevolusi internet dan platform media sosial. Sekarang, lebih murah dan lebih cepat bagi perusahaan periklanan untuk menjangkau target pelanggan mereka. Selain itu, cara ini dirasa lebih efektif bagi pemasar digital.

Secara alami, perusahaan teknologi besar telah menjadikan ini sebagai bagian penting dari bisnis mereka, yang secara efektif menghasilkan uang bagi pengguna. Ini adalah pendapatan utama raksasa jejaring sosial Facebook yang diakses miliaran pengguna merupakan impian bagi banyak pengiklan.

Baca Juga: Rusia Siapkan Amunisi Blokir Facebook, Twitter, dan YouTube

Iklan Facebook telah mengalami pertumbuhan pesat selama bertahun-tahun, dan peringkatnya di atas iklan Google dan iklan web tradisional. Ada lebih dari dua miliar akun Facebook aktif di seluruh dunia, membuat peluang yang cukup tinggi bagi perusahaan untuk dapat menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Baik itu CEO, CFO, atau demografis publik tertentu, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di Facebook.

Popularitas media sosial adalah insentif terbesar untuk menggunakan platform periklanannya. Namun, AI juga memainkan peran besar dengan algoritma yang mengontrol apa yang dilihat seseorang, sehingga feeds yang diberikan akan disesuaikan dengan preferensi pengguna. Pembaruan terkini untuk algoritma ini membantu perusahaan untuk menemukan pelanggan karena Facebook telah beralih ke "koneksi pribadi" daripada sekedar postingan bisnis. Jadi, menggunakan platform periklanan ini lebih efektif daripada memposting iklan organik Anda sendiri.

Karena semakin banyak bisnis yang menangkap manfaat dari platform ini, biaya Facebook Ads bisa menjadi semakin mahal. Namun, hal tersebut diimbangi dengan manfaat dan hasil positif yang Anda dapatkan. Jadi, jika Anda belum mulai menggunakan iklan Facebook, mungkin sekarang waktunya untuk menggunakannya. Baca terus artikel ini untuk mengetahui tips untuk meningkatkan jangkauan digital Anda melalui Facebook Ads.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Facebook Ads?

Meskipun Anda mungkin berpikir dengan cara yang sama seperti banyak bisnis B2B lainnya, yakni bahwa Facebook tidak layak menjadi tempat untuk menjangkau target klien Anda, maka pola pikir Anda perlu berubah jika Anda ingin beralih ke salah satu platform pemasaran digital paling efektif.

Faktanya, sekitar 80% dari semua pengguna internet memiliki semacam kehadiran di Facebook, dan dengan menghabiskan sedikitnya 1 hari untuk menggunakannya, Anda akan dapat menjangkau pelanggan lebih baik lagi. Tetapi pada saat itulah Anda harus membuat target pelanggan ideal bisnis Anda. Facebook Ads tidak hanya digunakan oleh berbagai macam orang, tetapi mungkin juga merupakan bentuk iklan yang paling bertarget dan terbaik saat ini.

Jika pelanggan sedang menelusuri feeds mereka di Facebook mereka, mungkin bisnis Anda tidak dapat segera muncul. Namun, jika mereka melihat iklan yang sudah ditargetkan dengan baik, bahkan ketika mereka tidak memiliki ketertarikan pada bisnis Anda, maka mereka dapat tertarik dengan brand Anda mungkin ingin membuat keputusan pembelian di kemudian hari.

Facebook Ads juga mudah diukur. Dengan Facebook Pixels, Anda dapat melihat dengan tepat trafik yang akan Anda arahkan ke situs web Anda serta perilaku pengunjung tersebut ketika mereka mengunjungi situs Anda. Apakah mereka membeli sesuatu? Halaman mana saja yang mereka kunjungi? Apakah mereka menambahkan sesuatu kedalam keranjang belanja mereka? Atau mungkin mereka mengirim pertanyaan ke customer service Anda? 

Cara Mengatur Akun Facebook Ads 

Langkah pertama: Siapkan akun Facebook Ads. Ini adalah proses yang cukup mudah dan melibatkan empat langkah berikut:

• Siapkan Facebook Business Manager. Pertama, Anda membuat halaman Facebook untuk bisnis Anda. Dari sana Anda dapat membuat akun Business Manager yang memungkinkan Anda menjalankan iklan di halaman tersebut. Untuk memulai, masuk ke halaman beranda Business Manager dan klik "Create Account", kemudian masuk menggunakan email dan kata sandi yang Anda gunakan untuk menyiapkan akun halaman bisnis Anda.

• Pasang Facebook Pixel. Buka situs web Anda dan install Facebook Pixel yang memungkinkan Facebook untuk mengidentifikasi orang-orang yang sedang mengunjungi situs web Anda, membuat segementasi kepada pengguna khusus yang terdiri dari pengunjung tersebut dan kemudian menampilkan iklan kepada mereka.

• Buat Audiens untuk menargetkan pengguna. Alat ini memungkinkan Anda membuat dan menyimpan audiens yang paling relevan dengan merek Anda. Kembali ke Business Manager dan pilih opsi "Audiences" dari kolom aset.

• Buat Facebook Ads dari postingan Facebook. Sekarang Anda bisa mencobanya. Pertama, putuskan apa yang ingin Anda capai, apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak klik, penjualan, penayangan video, atau prospek?

Facebook Ads Manager adalah alat utama untuk membuat dan menganalisis kampanye iklan Facebook Anda. Membuat iklan itu sendiri hanya dengan memilih opsi "Creating the ad" dari menu drop-down di kanan atas halaman bisnis Anda.

Saat membuka menu utama, Anda akan melihat lima bagian: Plan, Create and Manage, Measure dan Report, Asset, dan Setting. Mengetahui bagaimana setiap alat bekerja sangat penting untuk membentuk kampanye pemasaran Anda.

Plan. Bagian ini berisi alat yang membantu Anda untuk mempelajari banyak hal tentang audiens Anda dan memberi Anda ide-ide kreatif untuk menjalankan iklan Anda. Dengan alat Audience Insights, Anda dapat menemukan banyak informasi tentang berbagai audiens di Facebook.

Create and Manage. Di sini Anda dapat menemukan alat untuk membuat iklan dan mengelola kampanye pemasaran Anda.

Measure and Report. Saat Anda ingin menganalisis bagaimana kinerja iklan Anda, lihat alat atau bagian Measure and Report. Misalnya, di sini Anda dapat membuat konversi kustom untuk melacak apakah iklan tersebut memenuhi sasaran bisnis Anda atau tidak.

Asset. Bagian ini memberi Anda akses cepat dan mudah ke aset utama yang telah Anda gunakan untuk membuat iklan, termasuk audiens yang telah Anda simpan untuk tujuan penargetan iklan, gambar yang Anda gunakan, Facebook Pixel Anda, dan masih banyak lagi.

Setting. Bagian ini adalah tempat semua informasi akun Anda disimpan. Buka bagian ini untuk memperbarui informasi pembayaran, email Anda, dan sebagainya.

Facebook pixel adalah alat yang membantu Anda dalam menjalankan kampanye yang sangat bertarget, jadi penting untuk memasangnya sebelum menjalankan Facebook Ads. Setiap akun iklan mendapatkan satu pixel secara default untuk digunakan. Kode ini terdiri dari dua bagian utama: pixel base code dan event code. Pixel base code melacak semua trafik ke situs Anda. Event code adalah bagian kode tambahan yang dapat Anda tambahkan di bawah kode pixel default ke halaman tertentu di situs Anda yang memungkinkan Anda untuk melacak tindakan tertentu di halaman tersebut.

Cara Menggunakan Facebook Ads 

Penting bagi Anda untuk memahami algoritma Facebook Ads, tujuannya untuk mengidentifikasi iklan yang akan memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Dengan demikian, pengaturan yang tepat dapat membantu mengoptimalkan anggaran Anda. Ada alasan praktis mengapa algoritma Facebook berfungsi: Jika pengiklan memonopoli news feed, Instagram atau apa pun yang Anda gunakan untuk beriklan di Facebook, orang tidak akan kembali ke Facebook. Artinya, iklan Anda perlu memberikan nilai lebih karena Facebook ingin menciptakan pengalaman pengguna yang positif dengan interaksi yang bermakna.

Transparansi iklan penting untuk mengetahui algoritma Facebook. Kemampuan setiap pengguna untuk melihat dengan tepat iklan apa yang dijalankan halaman Facebook atau akun Twitter sangat berguna bagi pemasar dan bisnis. Ada tiga cara utama bagi pemasar untuk memanfaatkan informasi ini untuk keuntungan mereka:

• Riset kampanye pesaing dan pasar konsumen. Melihat semua kampanye iklan yang dijalankan pesaing Anda akan sangat berharga karena Anda mempertimbangkannya untuk kampanye Anda sendiri. Kunjungi landing page mereka, kemudian nilai Kembali ajakan bertindak mereka. Penawaran khusus apa yang sedang mereka jalankan? Berapa lama durasi konten videonya? Apakah mereka sedang mencoba mendapatkan banyak klik, mendorong pembelian, atau hanya menciptakan brand awareness?

• Dapatkan inspirasi untuk menggunakan fitur iklan baru. Fitur iklan baru diluncurkan setiap saat di Facebook dan Twitter. Lihat merek besar seperti Airbnb untuk mengetahui bagaimana mereka menggunakan fitur iklan yang baru, karena ini adalah cara yang bagus untuk melihat apa yang dilakukan setiap fitur dan cara kerjanya tanpa menginvestasikan uang Anda.

• Bagikan kampanye aktif dengan pelanggan dan prospek. Karena pengguna dapat terlibat dengan iklan dengan cara yang sama saat iklan tersebut muncul di feeds mereka, pelanggan dan prospek sekarang memiliki kesempatan untuk memulai pembelian atau pendaftaran yang mungkin telah mereka lewatkan.

Jadi, bagaimana Anda membangun kampanye Facebook Ads yang efektif? Pertama, Anda perlu memiliki rencana tindakan. Jika tidak, Anda akan berjalan tanpa arah dan tahu tujuan pasti ke mana Anda ingin pergi. Untuk melihat hasil yang konsisten, kenali bagian di saluran penjualan Anda untuk dapat memanfaatkan Facebook Ads. Jawab empat pertanyaan berikut untuk membantu menentukan strategi pemasaran Anda:

- Apa tujuan Anda beriklan di Facebook? Misalnya, apakah Anda ingin menghasilkan prospek baru untuk bisnis Anda, penjualan untuk toko e-commerce Anda, atau pelanggan blog Anda?

- Apakah Anda memiliki trafik situs web yang konsisten?

- Apakah Anda punya email list? Jika ya, apakah list tersebut aktif dan berapa banyak orang yang ada di daftar Anda?

- Bisakah Anda membuat konten yang unik tentang bisnis / industri Anda?

Berdasarkan jawaban Anda, ada tiga strategi periklanan Facebook yang dapat Anda gunakan:

- Sediakan konten gratis untuk menghibur audiens Anda. Content marketing adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membedakan bisnis dengan kompetitor Anda serta untuk menghibur audiens Anda. Berikan konten gratis yang menghibur, mendidik, atau menginspirasi pelanggan ideal Anda. Anda dapat menggunakan video, fitur-fitur (panduan, checklist, kupon, dll.), atau postingan blog, misalnya.

- Libatkan pengguna yang ada di email list Anda. Mengirimkan pesan Anda melalui Facebook Ads dan pemasaran email menjadi dua kali lebih efektif. Pelanggan akan melihat pesan Anda di kotak masuk mereka saat mereka menelusuri Facebook.

- Retarget pengunjung situs web. Jika Anda memasang Facebook Pixel di situs web Anda, maka Anda dapat menargetkan pengguna baru yang sedang mengunjungi situs Anda.

Facebook Marketplace adalah tempat penjualan untuk menjangkau khalayak lokal dengan produk dan layanan Anda.

Di tempat inilah orang biasa dapat memposting sejumlah barang atau layanan untuk dijual. Saat ini, Facebook mengatakan memiliki lebih dari 800 juta pengguna di marketplace. Keunggulan Facebook Marketplace adalah tempat pengguna secara aktif mencari barang tertentu, yang berarti Anda memiliki akses langsung ke audiens yang sedang mencari bisnis Anda.

o Buat tujuan kampanye pemasaran. Marketplace menawarkan lima tujuan: jangkauan, trafik, konversi, penjualan katalog, dan penayangan video. Setelah Anda memilih satu, Anda dapat memberi nama pada kampanye pemasaran Anda.

o Pilih penempatan. Di mana Anda ingin iklan tersebut muncul? Scroll ke bawah di bagian Placement dan pilih opsi setting.

o Buat iklan video. Di bagian Ad Creation, Anda dapat mengupload gambar serta video. Video cenderung lebih mengungguli gambar di Marketplace, jadi video merupakan pilihan terbaik bisnis Anda.

o Analisis hasil penempatan. Lihat bagaimana kinerja iklan Anda dibandingkan dengan penempatan di bagian lain. Anda dapat melakukannya dengan memfilter laporan iklan Anda dengan memilih opsi "Placement”.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini