Ekonomi Tiongkok Pulih, Harga Batubara Acuan Kembali Menanjak

Ekonomi Tiongkok Pulih, Harga Batubara Acuan Kembali Menanjak Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

Harga Batubara Acuan (HBA) terus menujukkan tren positif pada awal tahun 2021. Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan HBA selama perdagangan bulan Januari senilai US$ 75,84 per ton.

Jumlah itu naik USD16,19 per ton atau 27,14% dibandingkan HBA Desember 2020 yang sebesar US$ 59,65 per ton.

Baca Juga: Optimis Kinerja Melesat Tahun 2021, Bos Perusahaan Batubara Ini Beberkan Caranya

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan pemulihan pasar terutama di Tiongkok, menjadi faktor utama kenaikan komoditas batu bara.

"Setelah hampir setahun adanya keterbatasan aktivitas ekonomi, pasar mulai bergerak pulih terutama di Tiongkok," kata Agung di Jakarta, Senin (4/1/2021).

Agung mengatakan Tiongkok berperan penting mempengaruhi harga batubara lantaran mereka merupakan pasar utama bagi Indonesia setelah India. "Apalagi saat ini terjadi ketegangan hubungan perdagangan antara Tiongkok dengan Australia. Sentimen ini yang makin memperkuat," jelasnya.

Dengan kenaikan ini, HBA bergerak menuju level psikologis setelah sepanjang tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 lebih banyak mengalami pelemahan ke level terendah. "Rata-rata HBA di tahun 2020 hanya sebesar US$ 58,17 per ton dan menjadi yang terendah sejak 2015," Ucapnya.

Nantinya, HBA bulan Januari ini akan dipergunakan pada penentuan harga batubara pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Vessel).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini