Biasanya Pedas Kritik, Tumben Ucapan Amien Rais Bikin Adem Jokowi

Biasanya Pedas Kritik, Tumben Ucapan Amien Rais Bikin Adem Jokowi Kredit Foto: Antara/Reno Esnir

Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis mulai ramai ditebak-tebak. Eks Ketua MPR Amien Rais ikut-ikutan menyampaikan prediksinya. Amien yang biasanya garang dan pedas mengkritik Presiden Jokowi, kini pendapatnya lebih adem. Prediksi Amien soal calon Kapolri, harus bikin nyaman Jokowi.

Amien tidak basa-basi mengutarakan prediksinya soal calon Kapolri. Dia menyebut nama Komjen Listyo Sigit Prabowo, jenderal bintang 3 yang sekarang menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

"Saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi itu Kabareskrim sekarang, yaitu Pak Komjen Listyo Sigit Prabowo," ujar Amien dalam video berjudul ‘Siapa Kapolri Baru?’ yang tayang di akun YouTube, Amien Rais official, Rabu (30/12).

Baca Juga: Belain FPI, Amien Rais Diserang Partai Penguasa dan Sekutunya

Eks Ketua Umum PP Muhammadiyah ini tidak asal jeplak soal prediksinya itu, tapi ada dasarnya. Kata dia, Listyo dekat dengan Jokowi. Listyo pernah jadi Kapolres Solo saat Jokowi masih menjabat Wali Kota. Ditambah lagi, Listyo merupakan mantan ajudan Presiden Jokowi pada 2014.

“Ini logika saya sebagai pengamat, bahwa ini yang paling nyaman, yang paling aman, paling cocok dengan Pak Jokowi,” tutur Amien dalam video berdurasi 1 menit 13 detik itu.

Namun, di balik prediksinya itu, pendiri Partai Ummat ini masih sempat berkata nyinyir. “Kalau saya keliru, alhamdulillah malahan, dan saya yakin ini yang dipilih. DPR tinggal sami’na wa atho’na,” pungkas eks Ketum PAN ini.

Pakar hukum Kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta Edi Hasibuan mengungkapkan, calon Kapolri yang akan diajukan memang harus memiliki chemistry atau kecocokan dengan Presiden Jokowi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini