Uranium Digodog Lagi di Iran, Kali Ini Nilainya Capai 20 Persen!

Uranium Digodog Lagi di Iran, Kali Ini Nilainya Capai 20 Persen! Kredit Foto: Ima Media Screencap

Pemerintah Iran kembali membuat geger, setelah memutuskan untuk kembali memperkaya 20 persen uranium di fasilitas nuklir bawah tanah Fordow.

"Beberapa jam yang lalu, proses injeksi gas dimulai dan produk UF6 pertama yang diperkaya uranium akan tercapai dalam beberapa jam lagi," kata juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei, diberitakan Al Jazeera.

Baca Juga: Dunia Mesti Waspada, Uranium Bakal Terus Diperkaya Iran Usai Disetujui Lewat UU

Iran telah memberikan laporan kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), bahwa mereka akan segera memperkaya uranium hingga 20 persen. Namun angka ini masih jauh di bawah 90 persen, yang dianggap sebagai tingkat senjata.

Iran sebelumnya telah berkomitmen, untuk membatasi pengayaan uranium hanya sampai 3,67 persen, sebagai bagian dari kesepakatan nuklir. Iran juga setuju mengirim sebagian besar uranium yang diperkaya ke luar negeri, dan tidak mengizinkan pengayaan di Fordow.

Namun tepat satu tahun setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan itu dan menjatuhkan sanksi keras atas Iran, negara itu meninggalkan komitmen tersebut.

Mereka mengatakan bahwa langkah-langkahnya sepenuhnya dan cepat dapat diubah, segera setelah AS dan Eropa kembali ke komitmen mereka sendiri berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2015 itu.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini