Nancy Pelosi Kembali Amankan Kursi Ketua DPR AS untuk Keempat Kalinya

Nancy Pelosi Kembali Amankan Kursi Ketua DPR AS untuk Keempat Kalinya Kredit Foto: Reuters/Kevin Lamarque

Politisi Demokrat Nancy Pelosi dari Kalifornia terpilih kembali sebagai ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat untuk Kongres ke-117 pada Minggu (3/1/2021).

Pelosi menerima 216 dari 427 suara dan mengamankan kursi ketua untuk masa jabatan keempat. Saingannya, Pemimpin Minoritas Partai Republik Kevin McCarthy dari California menerima 209 suara.

Baca Juga: Ancaman Iran Bikin Ngeri! Bilang Kalau Donald Trump Tak Akan Aman di Bumi

Anggota parlemen berusia 80 tahun itu telah memimpin partai Demokrat di Dewan sejak 2003 dan merupakan satu-satunya perempuan yang pernah menjabat sebagai ketua. Selama pemungutan suara, tiga anggota Demokrat tidak memberikan suaranya untuk Pelosi.

Mereka adalah Perwakilan Mikie Sherrill dari New Jersey, Elissa Slotkin dari Michigan dan Abigail Spanberger dari Virginia.

"Dalam waktu yang ditandai dengan kepercayaan yang rendah secara historis pada pemerintah kita, suara baru diperlukan untuk bergerak maju dan mencapai kemajuan nyata," kata Spanberger dalam sebuah pernyataan yang dikutip CNN.

Setelah kemenangannya, Pelosi mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan satu partainya.

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan Demokrat saya di Kongres atas kepercayaan yang Anda berikan kepada saya dengan memilih saya sebagai Ketua, dan akan berusaha untuk memenuhi momen itu dengan keberanian, persatuan dan keanggunan," ungkap dia.

Dia berjanji bahwa bersama Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, Dewan Perwakilan akan terus bekerja untuk menyelamatkan nyawa dan mata pencaharian serta membangun kembali dengan cara yang memajukan keadilan di Amerika.

Sementara itu, Wakil Presiden terpilih Kamala Harris menyatakan harapannya untuk bisa bekerja dengan Pelosi untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi rakyat Amerika.

"Selamat kepada sesama warga California, @SpeakerPelosi, karena terpilih kembali sebagai Ketua Dewan. Saya berharap dapat bekerja sama atas nama rakyat Amerika untuk memajukan bangsa kita dan membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi yang akan datang," tulis Harris.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini