Bogem Mentah Hujam Komedian India Usai Lecehkan Dewa-dewa Hindu

Bogem Mentah Hujam Komedian India Usai Lecehkan Dewa-dewa Hindu Kredit Foto: Unsplash/Girish Dalvi Iz

Komedian asal Gujarat, India, Munawar Faruqui, dipukuli dan ditangkap oleh massa karena materi lawakannya dianggap menghina dewa Hindu. Saat tampil di kafe kota Indore, Madhya Pradesh, stand-up comedian itu juga diduga mengolok-olok Menteri Dalam Negeri India Amit Shah.

The Indian Express melaporkan empat komedian lainnya, yakni Edwin Anthony, Prakhar Vyas, Priyam Vyas, dan Nalin Yadav, juga ditahan dengan tuduhan serupa. Tidak jelas apa pernyataan sebenarnya, tetapi Faruqui dijemput oleh polisi setelah putra politisi Malini Laxman Singh Gaur, Eklavya Singh Gaur, mengajukan keluhan tentang komentar tidak pantas dari komedian tersebut.

Baca Juga: Bergegas Selamatkan Rakyatnya, India Uji Coba Sistem Pengiriman Vaksin Corona

"Pertunjukan itu mengejek dewa-dewa Hindu dengan memberikan komentar tidak senonoh. Insiden Godhra dan Menteri Dalam Negeri Serikat Amit Shah juga disebutkan secara tidak patut. Kami merekamnya dan menghentikan pertunjukan dengan membawa penonton keluar dari kafe,” kata Gaur kepada India Today.

Gaur kemudian menangkap komedian dan penyelenggara pertunjukkan. Para komedian dibawa ke kantor polisi Tukogani. Singh Gaur juga menyangkal klaim terkait pemukulan para komedian.

"Laporan polisi diajukan setelah ada bukti video yang dikirimkan kepada kami di mana konten dianggap tidak pantas,” ujar Juru Bicara Kantor Polisi Tukoganj, Kamla Sharma, dilansir The Sun, Senin (4/1/2020).

Kendati dalam video tersebut hanya terlihat satu komedian yang membuat pernyataan tidak menyenangkan, Sharma menyebut kelima komedian tetap ditahan. Sebab, mereka merupakan bagian dari pertunjukan.

Mereka didakwa atas tuduhan tindakan yang disengaja dan jahat yang dimaksudkan untuk membuat marah perasaan religius dengan penghinaan. Selain itu, para komedian juga terkena tuduhan terkait prosedur kesehatan virus corona karena Gaur mengeluh kurangnya jarak sosial di acara tersebut.

Beberapa komedian telah angkat bicara atas insiden itu. Komedian dan penulis serial India, Varun Grover, mengkritik lewat akun Instagram-nya.

"Seorang rekan India, seorang komedian di penjara dan dipukuli oleh massa karena kata-kata yang dia ucapkan. Di sini dia mencoba untuk secara logis dengan tenang menyajikan kasusnya, tetapi sistem kami sekarang hanya ingin membungkam setiap suara secara brutal,” tulis Grover.

Komedian lainnya, Vir das, juga mencicit di Twitter. “Anda tidak bisa menghentikan lelucon dan tawa. Bukan karena komedian yang membawakannya, tapi karena orang perlu tertawa. Semakin keras Anda mencoba, semakin Anda akan ditertawakan, sekarang, dan oleh sejarah,” ujar Vir Das.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini