Ogah Beli Baju Baru Lagi, Greta Thunberg: Saya Masih Bisa Pinjam

Ogah Beli Baju Baru Lagi, Greta Thunberg: Saya Masih Bisa Pinjam Kredit Foto: Reuters/Susana Vera

Aktivis lingkungan Greta Thunberg mengatakan ia tidak membeli baju baru lagi. Ia juga menolak untuk mengkritik orang-orang yang bepergian dengan pesawat terbang atau memiliki anak.

Dalam wawancara menandai ulang tahunnya ke-18 tahun, aktivis asal Swedia itu melonggarkan pandangannya dengan selebritas yang menyuarakan pemanasan global tapi bepergian dengan pesawat terbang yang berkontribusi besar dalam emisi karbon.

"Saya tidak peduli saya tidak akan memberitahu orang lain apa yang harus dilakukan," kata Thunberg yang biasanya bepergian dengan kapal pada majalah Sunday Times seperti dikutip the Guardian, Minggu (3/12/2020).

"Namun ada risiko apabila Anda vokal mengenai hal-hal ini dan tidak mempraktikkan apa yang Anda khotbahkan, maka Anda akan dikritik dan apa yang Anda katakan tidak ditanggapi dengan serius," tambahnya.  

Dalam kesempatan itu Thunberg juga ditanya mengenai aktivis lingkungan lain yang menilai saat ini bukan tindakan bertanggung jawab untuk memiliki anak karena planet bumi sedang berada dalam tekanan. Menurut Thunberg bukan hal yang egois untuk memiliki anak.

"Masalahnya bukan pada orang-orangnya, tapi pada perilaku kami," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini