Menanti Khasiat Vaksin Covid-19 Kerek Pertumbuhan Ekonomi di 2021

Menanti Khasiat Vaksin Covid-19 Kerek Pertumbuhan Ekonomi di 2021 Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan mencapai 5,5%. Optimisme ini juga sejalan dengan pandangan lembaga internasional yang memproyeksi pertumbuhan ekonomi global di kisaran angka yang sama.

Agus pun meyakini Indonesia memiliki modal yang cukup kuat untuk memacu pemulihan ekonomi di tahun 2021. Hal ini sejalan dengan kondisi ekonomi global yang menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan di tengah ancaman gelombang kedua Covid-19.

Baca Juga: Subhanallah... Tahun Depan Ekonomi Indonesia Diramal Bangkit, Tumbuh di atas 5%

"Modal yang cukup kuat yang dimiliki oleh Indonesia adalah terkait dengan upaya pemulihan ekonomi," ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, pemulihan ekonomi sudah dapat dilihat misalnya dari aktivitas manufaktur di negara-negara maju dan berkembang, yang menunjukkan pada fase ekspansif. Geliat manufaktur juga terjadi di Indonesia yang terdorong dari peningkatan diferensiasi industri.

"Hal ini mengindikasikan adanya optimisme pelaku sektor bisnis terhadap kondisi perekonomian ke depan," paparnya.

Agus menegaskan, tekad pemerintah mengejar laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5% pada 2021 sejalan dengan proyeksi pertumbuhan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga internasional. Misalnya OECD yang memproyeksi ekonomi global pada 2021 tumbuh sebesar 4%, sedangkan ADB memperkirakan di angka 5,3%, dan IMF membidik 5,2%.

Selain itu, World Bank memprediksi ekonomi global pada tahun depan bakal berada di kisaran 4,4%, dan Bloomberg Median memasang target sekitar 5,6%. "Sementara untuk outlook APBN, yang sudah ditetapkan pertumbuhannya sebesar 5%," jelas Agus.

Ia menyebutkan, beberapa langkah strategi yang dilakukan pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di tahun depan, antara lain, melakukan pengadaan dan pemberiaan vaksin kepada masyarakat.

"Game changer pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi adalah pelaksanaan vaksinasi itu sendiri," pungkasnya.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini