Sambut Arus Balik, Jasa Marga Bakal Terapkan Contraflow di Tol Japek

Sambut Arus Balik, Jasa Marga Bakal Terapkan Contraflow di Tol Japek Kredit Foto: Antara/Fakhri Hermansyah

PT Jasa Marga memberlakukan serangkaian tindakan untuk mengurai kemacetan dalam rangka atus balik pasca libur Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta. Beberapa caranya adalah menerapkan sistem contraflow dan menempatkan beberapa petugas di lokasi yang dinilai rawan terjadi kepadatan.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas tersebut.

"Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52," kata Dwimawan dalam keterangannya, Jumat (1/1/2021).

Baca Juga: Arus Balik Mudik Natal, Tol Arah Jakarta Terpantau Lancar Jaya

Tak hanya itu, dalam mengantisipasi kemacetan, dirinya turut menghentikan proyek pekerjaan di sekitar ruas tol sementara waktu. Selain itu, mobilisasi alat berat yang berkaitan dengan proyek pekerjaan juga tidsk dilakukan.

"Jasa Marga juga mendukung Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan pihak Kepolisian untuk melakukan pembatasan operasional angkutan barang berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.24/AJ.201/DRJD/2020 tanggal 10 Desember 2020," katanya.

Berdasarkan SE tersebut, sambungnya, pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga atau lebih berupa pengalihan arus lalin dari jalan tol menuju arteri. Menurutnya, arus balik, mobil barang akan dilakukan pemeriksaan untuk pengalihan ke jalan arteri Pantura dari arah Timur ke arah Barat mulai dari GT Kendal.

"Dan akan diperketat di GT Palimanan 4 dan masuk kembali di GT Cikarang Barat pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk arus balik libur Tahun 2021, pengaturan ini akan diberlakukan sejak tanggal 2 Januari pukul 12.00 WIB hingga 4 Januari 2021, pukul 08.00 WIB.

Dia menuturkan, pihaknya juga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di est area. Pengisian BBM dan saldo uang elektronik pun diharapkan selalu mencukupi, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

"Istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalin di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 jam di nomor 14080," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini