Asyik... PLN Perpanjang Subsidi dan Listrik Gratis hingga Maret

Asyik... PLN Perpanjang Subsidi dan Listrik Gratis hingga Maret Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperpanjang waktu pemberian listrik gratis dan bantuan keringanan biaya listrik di masa pandemi Covid-19 hingga Maret 2021. Pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) akan mendapat keringanan 100% dan 900 VA mendapat keringanan 50%.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan bahwa pelanggan kategori bisnis dan industri daya 450 VA juga akan mendapat keringanan.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Pertamina, PLN Pasok Keandalan Listrik dan Uap bagi Wilayah Kerja Rokan

"Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik," kata Bob dalam keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Keringanan biaya listrik ini bisa dinikmati mulai 7 Januari 2021. Diketahui, bagi pelanggan rumah tangga, program subsidi ini memberikan diskon 100% pada pelanggan listrik 450 VA. Sementara, pelanggan listrik kategori daya 900 VA yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diberikan diskon 50%. Untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450VA diberikan 100% tagihan listrik.

Bagi pelanggan pascabayar, bantuan akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing. Namun, pelanggan prabayar atau yang menggunakan token listrik dapat mengakses website atau whatsapp PLN untuk mensapatkan token listrik gratis.

"Kami banyak buat pilihan akses supaya pelanggan makin mudah untuk mengambil token stimulus ini," kata Bob.

Berikut cara mendapatkan token listrik gratis:

Melalui Website:

1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian pilih 'Stimulus Covid-19' lalu 'Token Gratis/Diskon';

2. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter;

3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar;

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

 

Melalui Whatsapp:

1. Buka Aplikasi WhatsApp;

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, masukkan ID Pelanggan;

3. Token gratis akan muncul;

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

 

Melalui PLN Mobile:

1. Buka aplikasi PLN Mobile;

2. Klik 'PLN Peduli Covid-19' pada bagian Info & Promo;

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter;

4. Token gratis akan muncul;

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini