Cari Cara Jegal Houthi, Koalisi Arab Saudi Gempur Ibu Kota Yaman

Cari Cara Jegal Houthi, Koalisi Arab Saudi Gempur Ibu Kota Yaman Kredit Foto: Reuters

Pesawat-pesawat tempur pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menyerang beberapa sasaran di Sanaa, ibu kota Yaman yang dikuasai Houthi pada Kamis (31/12/2020).

Serangan itu sebagai pembalasan atas serangan Houthi di kota pelabuhan selatan Aden pada hari sebelumnya, saat para pejabat pemerintahan yang didukung oleh Saudi tiba di sana.

Baca Juga: Di Hari-hari Akhir Trump, AS Rupanya Jual Ribuan Bom ke Arab Saudi

Koalisi menuduh gerakan Houthi melakukan serangan di bandara Aden dan serangan kedua di istana presiden.

“Serangan udara koalisi Saudi menghantam bandara Sanaa dan beberapa situs lain di dalam dan sekitar kota,” ungkap penduduk setempat.

Warga menyatakan, “Ledakan keras terdengar dan pesawat tempur terbang di atas kepala selama beberapa jam.”

Televisi Masirah yang dikelola Houthi mengatakan pesawat-pesawat itu menghantam setidaknya 15 lokasi di berbagai distrik di ibu kota. Belum ada laporan tentang korban. 

Serangan udara koalisi telah menewaskan ribuan orang, termasuk banyak warga sipil, selama perang di Yaman.

Tetapi mereka semakin jarang dalam beberapa tahun terakhir karena konflik telah mencapai jalan buntu, dengan Houthi yang bersekutu dengan Iran mengendalikan sebagian besar pusat populasi.

Adapun pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional dan didukung Saudi dan kekuatan Barat, berbasis di Aden.

Perang utama merupakan perebutan kekuasaan antara pemerintah Hadi dan separatis selatan di Aden. Arab Saudi mencoba menyatukan mereka untuk fokus memerangi Houthi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini