Pengamat: Sinergi Lutfi-Jerry Kunci Tingkatkan Kinerja Perdagangan Indonesia

Pengamat: Sinergi Lutfi-Jerry Kunci Tingkatkan Kinerja Perdagangan Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Sinergi Muhammad Lutfi-Jerry Sambuaga akan menjadi kunci bagi perbaikan kinerja perdagangan Indonesia. Masih banyak agenda perdagangan Indonesia yang harus dituntaskan, antara lain menjaga surplus perdagangan, peningkatan ekspor produk yg mempunyai nilai tambah, peningkatan local content (TKDN)  pada produk produk ekspor Indonesia, peningkatan daya saing produk ekspor.

Demikian diungkapkan pengamat ekonomi Indef, Esther Sri Astuti, menanggapi soal reshuffle, khususnya soal penggantian menteri perdagangan. Esther berharap keduanya diharapkan bekerja keras dan saling melengkapi. 

Baca Juga: Muhammad Lutfi-Jerry Duet Pas untuk Kemendag, Begitu Kata ....

Sebagi solusinya  menurut Esther pertama adalah bahwa Kemendag dan K/L lain harus punya koordinasi yang kuat untuk mendukung sinergitas agar kebijakan yg dikeluarkan dapat mendorong surplus perdagangan. Kedua,  penguatan database untuk mengidentifikasi potensi pasar bagi produk produk Indonesia

Oleh karena itu, menurut Esther perlu dibangun kesepahaman dan peran masing-masing sejak awal.

"Hari-hari pertama ini sangat krusial dalam membangun komunikasi dan kesepahaman bersama itu. Saya berharap di tahap ini mereka sudah mencapai itu dan merumuskan solusi dan kerangka kerja yang tepat untuk menyelesaikannya," ujar Esther. 

Wakil Menteri Perdagangan, Jefri Sambuaga bahwa ia siap bekerja sama dengan siapa saja yang menjadi Menteri. Menurutnya Muhammad Lutfi adalah pekerja keras sekaligus intelektual dalam perspektif ekonomi dan perdagangan. Lutfi juga dikenal Jerry sebagai pribadi yang terbuka dan kolaboratif.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini