Pacu Ekspor, Bea Cukai Sediakan Berbagai Fasilitas Kepabeaan untuk Pelaku Usaha

Pacu Ekspor, Bea Cukai Sediakan Berbagai Fasilitas Kepabeaan untuk Pelaku Usaha Kredit Foto: Bea Cukai

Dalam upaya memacu kegiatan ekspor dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN), Bea Cukai memberikan asistensi ke pelaku usaha di berbagai daerah. Kali ini, Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat mengunjungi salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat.

Sementara itu, Bea Cukai Belawan juga mengadakan bicang ekspor bersama Balai Karantina dalam rangka mengakselerasi kegiatan ekspor. Selain itu, Bea Cukai Lampung mengunjungi PT Bumi Menara Internusa yang tetap dapat melakukan kegiatan ekspor meskipun terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bea Cukai Kediri Dukung Produk IKM Jombang Tembus Pasar Global

"PT Bumi Menara Internusa yang bergerak pada produksi hasil perikanan tetap dapat melakukan ekspor meskipun terdapat beberapa masalah seperti tingginya biaya kontainer pendingin dan pemuatan kapal," ungkap Esti Wiyandari, Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Sesuai dengan data, disebutkan bahwa jika dilihat dari sisi nilai devisa menurun jauh. Pada tahun 2019, nilai devisa sebesar US$26.668.718,55 (26 juta dolar AS) dengan jumlah kontainer 237, sedangkan di tahun 2020 nilai devisa sebesar US$22.973.120,76 (22 juta dolar AS) dengan jumlah kontainer 207.

PT Bumi Menara Internusa diharapkan tetap bertahan dan berperan dalam meningkatkan usaha-usaha mikro di sekitar pabrik meskipun di tengah pandemi sehingga perekonomian nasional tetap berjalan dengan baik, terutama di bidang ekspor.

Sementara itu, dalam upayanya untuk memaksimalkan potensi ekspor di Sumatera Utara, Bea Cukai Belawan ikut dalam diskusi "Akselerasi Ekspor Sumatera Utara untuk Mendukung Gerakan Tiga Kali Lipat Eksor" yang diadakan bersama Kepala Balai Karantina Pertanian.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, menyatakan, "Sumatera Utara ini punya potensi yang luar biasa khususnya potensi di komoditas pertanian sehingga sudah saatnya potensi itu kita optimalkan bersama."

Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo, menyatakan bahwa dalam rangka mendorong ekspor, Bea Cukai telah menyediakan berbagai fasilitas di bidang kepabeanan yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha. "Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan produksi dan mendorong sehingga para pelaku usaha dapat mengekspor produk mereka," ungkap Tri Utomo.

Dengan sinergi berbagai pihak ini, diharapkan produk komoditas pertanian di Sumatera Utara dapat turut mendongkrak capaian target nilai ekspor tiga kali lipat seperti yang telah ditetapkan bersama.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini