Pegawai Bea Cukai Menangkan Anugerah ASN 2020

Pegawai Bea Cukai Menangkan Anugerah ASN 2020 Kredit Foto: Bea Cukai

Bea Cukai kembali mendapatkan penghargaan dalam ajang Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2020 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Muhammad Rifki Al Habib, pegawai Bea Cukai yang bertugas pada Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga dan mulai mengabdi di Bea Cukai dari tahun 2014, meraih gelar The Future Leader bersama dua orang ASN lainnya.

Baca Juga: Bea Cukai Soetta Beri Fasilitas dan Kemudahan untuk Vaksin Covid-19

Anugerah Aparatur Sipil Negara tahun 2020 yang bertema "ASN Berkinerja dan Berdampak Nyata" merupakan bentuk apresiasi kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya dan sudah dirasakan langsung, baik oleh organisasi maupun masyarakat. Pada tahun ini, penilaian akan dikhususkan bagi nomine yang mempunyai inovasi dan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

Muhammad Rifki Al Habib berhasil memenangkan kategori The Future Leader setelah lolos dalam tiga tahap seleksi. Kategori tersebut diberikan kepada pegawai negeri sipil (PNS) insipratif muda dan potensial terbaik yang patut diteladani; mampu menginspirasi dan memotivasi ASN dan atau masyarakat yang inovasi, prestasi, atau karyanya tersebut mendukung tugas pokok dan fungsi jabatannya.

Berdasarkan data dari Kemenpan RB, total ASN yang mendaftar Anugerah ASN 2020, dibuka selama 45 hari sejak 27 Juli 2020 hingga hari terakhir penutupan pada 9 September 2020, terdapat 945 usulan untuk tiga kategori dengan rincian kategori PNS Inspiratif sebanyak 732 usulan, kategori The Future Leader sebanyak 142 usulan, dan 71 usulan pada kategori Pimpinan Pejabat Tinggi (PPT) Teladan.

Habib memiliki berbagai inovasi di bidang sosial, pengetahuan, minat, dan bakat, sebagai bentuk respons terhadap kondisi pandemi yang tengah terjadi. Habib menginisiasi Bea Cukai Peduli bersama seluruh pegawai Bea Cukai milenial dengan membagikan paket sembako untuk meringankan beban orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19 secara langsung.

Selain itu, Habib juga menginisiasi berbagai program yang berhasil memberikan ruang dan kesempatan kepada ratusan pegawai Bea Cukai muda di seluruh Indonesia untuk bersama-sama berkarya dan berkontribusi demi kemajuan organisasi. Hal ini juga dimaksudkan sebagai kaderisasi kepada pegawai Bea Cukai untuk dapat menjadi pemimpin di masa depan.

Salah satu inovasi yang diluncurkan adalah pelaksanaan Parade Sosialisasi Bea Cukai yang merupakan sarana penyuluhan dan sosialisasi secara daring. Setidaknya, dalam kurun waktu dua bulan pelaksanaannya, sudah terselenggara 29 Parade Sosialisasi dan hingga kini terdapat puluhan acara sosialisasi lainnya yang dapat dilihat di akun Instagram @eventbeacukai. Hal tersebut menunjukkan adaptabilitas di tengah pandemi serta pemanfaatan teknologi dan informasi.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat, memberikan tanggapan terkait penghargaan yang berhasil dimenangkan Bea Cukai dalam Anugerah ASN 2020. "Kami (Bea Cukai) merasa senang terdapat standarisasi dari Kementerian lain, terutama Kementerian yang memang memiliki kewenangan terhadap ASN. Kami harap Habib dapat menjadi contoh bagi pegawai muda lain, sekaligus menjadi penyemangat bagi para seniornya di Bea Cukai," ungkap Syarif dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Syarif menambahkan bahwa dirinya berharap agar Habib dapat memberikan kontribusi lebih luas, tidak hanya di Bea Cukai, tetapi juga bagi rekan sesama ASN dan masyarakat pada umumnya. Sementara itu, Syarif menambahkan keterangan terkait rencana pengembangan kepegawaian di Bea Cukai ke depannya.

"Melihat hasil dari beberapa tahun ke belakang terkait apresiasi terhadap ASN yang diberikan Kemenpan-RB ini, kami optimis bahwa sistem pengembangan pegawai yang sudah kami lakukan membuahkan hasil yang baik sehingga kami berharap ke depannya dapat melahirkan ASN yang memiliki inovasi dan kontribusi secara luas," tambah Syarif.

Selain Habib, Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta, Direktur Penindakan dan Penyidikan, juga berhasil menempati 10 besar Pejabat Pimpinan Tinggi Teladan pada Anugerah ASN tahun ini. Beberapa pegawai Bea Cukai lainnya juga pernah memenangkan Anugerah ASN.

Pada tahun 2019, Dwi Teguh Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Priok, menang pada kategori Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan, serta Jaya Setiawan Gulo yang saat ini bertugas di Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan memenangkan kategori PNS Inspiratif.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini