Pelaksanaan Pilkada 2020 Berjalan dengan Efektif dan Transparan

Pelaksanaan Pilkada 2020 Berjalan dengan Efektif dan Transparan Kredit Foto: Antara/Iggoy el Fitra

Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 ini dihadapkan banyak tantangan karena dilaksanakna ditengah Pandemik Covid-19. Meski begitu, para penyelenggara pilkada dinilai mampu menghadirkan proses demokrasi yang sukses, efktif dan transparan. 

“Banyak tantangan, karena pelaksanaan ditengah Pandemik COvid-19, dan semua itu bisa dilewati dengan penyelenggaraan pilkada yang lebih efektif, efisien dan transparan,” ungkap Prof Bambang Supriyono, akademisi dari Universita Brawijaya di Jakarta, Minggu (13/12).

Bambang mengakui pelaksanaan pelaksanaan pilkada yang berhasil ditengah Pandemik. Sebagai pengalaman berharga yang bisa dipetik yakni, penyelenggaraan pilkada tidak harus disertai dengan pengerahan massa.

“Proses demokrasi perlu patuh pada semua aturan termasuk protocol kesehatan,” terangnya. 

Pakar kebijakan pubik ini mengatakan, pengalaman bahwa dukungan teknologi informasi sangat diperlukan dalam pelaksanaan pilkada. Yang terpenting, bahwa pilkada yang berkualitas diantaranya jika diikuti banyak kontestan yang visioner. “Banyaknya kontestan yang berkualitas perlu menjadi catatan penting untuk mendukung terwujudnya kualitas demokrasi,” tegasnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini