Pengusaha Muda Banten Billy Martono Ungkap Kunci Sukses Bisnis di Tengah Pandemi

Pengusaha Muda Banten Billy Martono Ungkap Kunci Sukses Bisnis di Tengah Pandemi Kredit Foto: Istimewa

Pandemi Covid-19 harus dihadapi dengan optimisme. Itulah salah satu kunci kesuksesan Billy M Martono selaku pengusaha muda Banten yang mengungkap upaya bertahan usahanya di tengah situasi saat ini.

“Kalau menurut saya,  kita tidak bisa berlarut larut dalam keterpurukan karena kehidupan berjalan terus. Ketika kita mengalami keterpurukan itu, jadikan itu sebagai pembelajaran agar kita menjadi lebih baik lagi."

Baca Juga: Harta Bos Djarum Masih Paling Top, Belum Dibalap Miliarder Tanah Air Lain

Baca Juga: Cara Lipat Gandakan BLT Subsidi Gaji, Catat Ya!

“Kalau bicara mindset di tengah pandemi, menurut saya pandemi itu akan berakhir karena ini kita dihadapkan pada situasi dan kondisi. Oleh karena itu kita harus punya mindset kondisi saat ini hanyalah situasi dan kita harus fokus pada hal-hal apa saja yang bisa kita persiapkan di pandemi ini sehingga kita siap dan tidak menyerah kepada keadaan. Karena jika kita pasrah dengan keadaan artinya kita hanya mencari alasan yang menyebabkan kita tidak produktif. Ya, disaat seperti ini kita harus memiliki mindset yang positif, dengan cara melihat peluang apa yang dapat kita lakukan atau bisnis apa yang bisa dilakukan di situasi pandemi ini. Bisa dibilang kita menjadi orang yang dapat membaca peluang."

Bagaimana upaya Billy Martono menghadapi pandemi? “Saat ini saya memiliki usaha sektor F&B dimana pengunjung tidak bisa dine-in di cafe atau resto saya, saya meresponnya dengan memperkuat layanan order online untuk produk F&B saya bekerjasama dengan ojek daring. Disamping itu, saya juga mulai membuka peluang bisnis baru di sektor healthcare yakni penjualan suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh dan masker di kala pandemi. Sehingga sebagai entrepreneur, kita tanggap dan fokus pada apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini”. 

“Jujur saat awal pandemi, saya sebagai pengusaha menghadapi kesulitan bagaimana merespon peraturan pemerintah yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, ternyata masih ada jalan bagi saya untuk berusaha yang terpaksa melakukan layanan F&B secara online. Kemudian, saat awal pandemi, saya memutuskan merambah sektor kesehatan masyarakat dengan menyediakan 50 ribu masker. Dan saya melakukan apapun untuk merespon apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini asalkan kebutuhan masyarakat terpenuhi dan bisnis saya dapat berjalan tanpa harus berupaya menggoreng harga”.

Menghadapi situasi pandemi ini, Billy juga menekankan pada pentingnya pengusaha muda untuk berkolaborasi  dengan asosiasi atau pelaku bisnis lain yang satu visi dan misi, saling melengkapi agar mampu mewujudkan kebutuhan masyarakat. Ibarat membangun sebuah permukiman yang nyaman dimana banyak pelaku usaha yang bekerjasama untuk mewujudkannya.

Di tahun depan, Billy sudah mempersiapkan peluang bisnis baru sebagai hasil pembelajaran dari sektor - sektor yang sempat jatuh di tengah pandemi. Billy juga optimis sektor usaha kembali bangkit karena pemerintah sudah mewujudkan pengadaan vaksin akhir tahun ini. Sehingga mulai saat ini ia sudah berinvestasi di platform digital dan strategi meningkatkan produktivitas di sektor F&B.

Billy Martono yang memiliki prinsip menjadi berkat bagi sesama ini tetap aktif di Banten Young Entreprenuer. Ia yang selalu memposisikan diri tidak di zona nyaman, percaya bahwa saling berbagi ilmu wirausaha dan saling bersinergi dengan banyak orang dapat memberikan manfaat bagi orang lain juga membuka kerja sama sebuah bisnis.

Ia sudah mempersiapkan sejumlah kegiatan Banten Young Entrepreneur di tahun depan agar lebih meningkatkan daya saing di sektor regional dan nasional. Hal ini juga sebagai respon dari program pemerintah atas UU Cipta Kerja yang berupaya melahirkan pengusaha-pengusaha muda baru.

Sekilas tentang Banten Young Entrepreneur

Banten Young Entrepreneur ini adalah salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Gama Group Banten. Dengan Banten Young Entrepreneur ini, Founder yakni Billy M. Martono berharap dapat memacu jiwa-jiwa enterpreneur muda dalam diri anak-anak SMA, mahasiswa, bahkan bagi yang sudah bekerja. Ia percaya ketika semua orang dapat menjadi Entrepreneur maka tidak ada rasa takut untuk tidak mendapat pekerjaan karena pangsa pasar kita global atau seluruh dunia. 

Upaya mengurangi pengangguran maka langkah pertama adalah upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan cara mengikuti kelas entrepreneurship seperti Banten Young Entrepreneur 

Tujuan Banten Young Entrepreneur dalam jangka panjang adalah membentuk ekosistem yang saling bersinergi dalam membangun perekonomian Banten. Founder, Billy Martono yakin dengan melaksanakan Banten Young Entrepreneur,  Banten dapat menjadi provinsi nomor 1 di Indonesia dalam peringkat kesejahteraan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini