Ratusan Kepala Daerah Terjerat Korupsi, Fadel: 70 Persen Sadar, 30 Persen Kesalahan Administrasi

Ratusan Kepala Daerah Terjerat Korupsi, Fadel: 70 Persen Sadar, 30 Persen Kesalahan Administrasi Kredit Foto: Ferry Hidayat

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menyebut ada tiga kunci agar terselenggaranya good governance di pemerintah daerah, yakni bersih, transparan, dan profesional.

"Bersih artinya tidak korupsi dan transparan. Profesional melihat SDM karena prestasi dan basis kemampuan secara profesional, bukan karena faktor keluarga saja," kata Fadel saat menjadi pembicara di acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Peran Generasi Muda Memberantas Korupsi, Gorontalo, Jumat (11/12/2020).

Mantan Gubernur Gorontalo itu melihat banyaknya kepala daerah yang ditahan karena korupsi karena mengatur dan memanipulasi uang rakyat untuk kepentingan pribadinya saja.

Baca Juga: Fadel Muhammad Apresiasi Kinerja Ketua KPK Firli Bahuri

"Ada 392 kepala daerah yang terkena kasus korupsi. Saya sedih ketika ada kepala daerah yang menggunakan uang untuk dirinya, proyek diatur-atur di-markup sedemikian rupa," pungkasnya.

Fadel pun membagikan data kebanyakan para kepala daerah yang melakukan korupsi itu sadar dan sengaja untuk melakukan korupsi.

"70 persen itu dilakukan secara sadar bahwa itu uang rakyat. 30 persen karena kesalahan administrasi," tuturnya.

Ia pun meminta agar para pejabat negara dan kepala daerah harus mengingat kalau menjadi pemimpin itu harus mengutamakan kepentingan rakyat, bukan golongan atau kelompoknya saja.

"Pesan moral yang paling utama, pemimpin harus jadi contoh. Pemimpin harus tahu bahwa itu uang rakyat," terang Fadel.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini