Seluk-Beluk Prestasi Emtek di Tengah Pandemi, Harta Eddy Sariaatmadja Ikut Tembus Rp19,7 T!

Seluk-Beluk Prestasi Emtek di Tengah Pandemi, Harta Eddy Sariaatmadja Ikut Tembus Rp19,7 T! Kredit Foto: FORBES INDONESIA/AHMAD ZAMRONI

Majalah Forbes telah merilis data lengkap para orang terkaya di Indonesia. Posisi pertama masih dipegang oleh Hartono Bersaudara yakni R. Budi dan Michael Hartono yang kini harta kekayaannya mencapai USD38,8 miliar (Rp547 triliun). Namun, bagi Eddy Kusnadi Sariaatmadja, pandemi justru menambah cuan ke dalam hartanya. Dalam catatan Forbes, Eddy menjadi pemegang keuntungan terbesar tahun ini.

Meningkatnya konsumsi digital selama pandemi menjadi cuan yang paling menguntungkan perusahaan media PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek). Berkat itu pula mengangkat kekayaan Eddy Sariaatmadja hingga 80% menjadi USD1,4 miliar (Rp19,7 triliun).

Baca Juga: Pandemi Bikin Harta Taipan Indonesia Tergelincir, Bos Emtek Justru Paling Cuan Tahun Ini!

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Jumat (11/12/2020) saham Emtek telah melonjak hampir 70% sejak Januari karena perusahaan kembali ke profitabilitas setelah setahun di posisi merah.

Untuk tiga kuartal pertama, ia membukukan keuntungan Rp477 miliar karena layanan streaming Vidio terbukti populer di kalangan rumah tangga itu. Emtek juga mendapat manfaat dari hak siar eksklusif Indonesia untuk pertandingan sepak bola Liga 1 dan Liga Champions UEFA.

Lonjakan saham tersebut juga mendorong salah satu pendiri Emtek, Susanto Suwarto, untuk pertama kalinya. Pada bulan November, anak perusahaan e-commerce Emtek, Bukalapak berhasil mengumpulkan USD100 juta (Rp1,4 triliun) dari Microsoft dan pemegang saham yang ada untuk mendukung layanan online-nya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini