Innalillahi, News Anchor TV Wanita Didor Mati Kelompok Bersenjata Gegerkan Pemirsa Afghanistan

Innalillahi, News Anchor TV Wanita Didor Mati Kelompok Bersenjata Gegerkan Pemirsa Afghanistan Kredit Foto: Foto/Istimewa.

Kelompok bersenjata menembak mati seorang wanita penyiar televisi di Afghanistan timur pada hari Kamis. Korban adalah Malala Maiwand, seorang penyiar televisi dan radio yang juga aktivis pembela hak-hak perempuan dan anak Afghanistan.

Juru bicara gubernur provinsi Nangarhar timur, Attaullah Khogyani, seperti dikutip AP, Jumat (11/12/2020), mengatakan kelompok penyerang melepaskan tembakan ke mobil Malala Maiwand tak lama setelah dia meninggalkan rumahnya. 

Baca Juga: Proses Rujuk Afghanistan-Taliban Berjalan, Apa Kata Indonesia?

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan ini. Namun, kelompok afiliasi ISIS bermarkas di Afghanistan timur dan mengklaim sebagian besar serangan baru-baru ini terhadap warga sipil di Afghanistan. Kelompok Taliban juga beroperasi di daerah tersebut.

Selain bekerja jurnalis, Malala Maiwand dikenal sebagai aktivis yang mengadvokasi hak-hak perempuan dan anak Afghanistan. 

Pada bulan lalu, dua wartawan Afghanistan tewas dalam pemboman secara terpisah di negara itu. Kelompok kebebasan pers internasional; Reporters Without Borders, menyebut Afghanistan sebagai salah satu negara paling mematikan di dunia bagi jurnalis.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini