Bekasi, Bogor, hingga Tangerang Lokasi Favorit Pembeli Rumah

Bekasi, Bogor, hingga Tangerang Lokasi Favorit Pembeli Rumah Kredit Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas

Tren minat masyarakat untuk membeli rumah mulai kembali pulih setelah merosot akibat pandemi Covid-19. Country Manager Rumah.com, Marine Novita, mengungkapkan tren pencarian properti di platform Rumah.com terus meningkat meskipun di situasi pandemi, khususnya di kawasan satelit yang ada di Jabodetabek.

"Pencarian properti di Jawa Barat pada kuartal ketiga 2020 mengalami kenaikan sebesar 88,8% pada kuartal ketiga tahun ini dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pencarian properti di Jawa Barat naik sebesar 239%," kata Marine dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: Gandeng Travelio, Apartemen Milik Adhi Commuter Properti Bisa Disewa Harian

Di Jawa Barat, kata dia, kota yang paling banyak dicari adalah Bekasi dengan peningkatan pencarian sebesar 115% (quarter-on-quarter) dan 265% (year-on-year). Selain Bekasi, kota lainnya yang banyak dicari adalah Bogor, mengalami peningkatan sebesar 94,3% (quarter-on-quarter) dan 275% (year-on-year).

Sementara itu, pencarian properti di Banten mengalami kenaikan sebesar 54,1% secara kuartalan dan 171% secara tahunan. Kota yang paling diminati untuk provinsi Banten adalah Tangerang dengan peningkatan sebesar 64% (quarter-on-quarter) dan 174% (year-on-year).

DKI Jakarta juga mengalami peningkatan meskipun tak sebesar Jawa Barat ataupun Banten. Kenaikan pencarian properti di wilayah Ibu Kota meningkat sebesar 59% (quarter-on-quarter) dan 143% (year-on-year).

"Terjadinya kenaikan pencarian properti secara drastis di Bogor, Bekasi, dan Tangerang disebabkan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur konektivitas sehingga area-area dengan harga properti yang lebih rendah menjadi terhubung dengan wilayah lainnya dan lebih mudah diakses," ucapnya.

Sementara itu, secara kisaran harga ditemukan tren pencarian terbesar di Rumah.com pada kisaran harga dari Rp300 juta hingga Rp750 juta. Porsi pencarian harga tersebut mencapai 25% dari total pencapaian hunian di Rumah.com. Jika digabungkan, besarnya jumlah pencari hunian di kisaran harga di bawah Rp1,5 miliar mencapai 61% dari total pencari rumah di Rumah.com.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini